Penarikan Dana Besar-besaran, Perbankan Tetap Aman – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

EKOBIS

Penarikan Dana Besar-besaran, Perbankan Tetap Aman

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jakarta–Rumor mengenai penarikan dana besar-besaran pada 25 november nanti berembus kencang dalam beberapa waktu terakhir. Kabar itu menyeruak seiring demonstrasi menentang calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) langsung menepisnya.

Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan mengatakan, demonstrasi menentang Ahok tidak berpengaruh terhadap kondisi ekonomi nasional. Pasalnya, demonstrasi besar beberapa waktu lalu berlangsung damai.
Karena itu, pelaku usaha tidak perlu menanggapi serius isu demonstrasi jilid tiga tersebut. ”Kami rasa masyarakat sudah dewasa. Demontrasi hanya dinamika politik sesaat,” tuturnya.tu terefleksi dari nilai rasio kecukupan modal rata-rata nasional sebesar 22 persen. Rasio kecukupan modal itu tertinggi dalam sejarah Indonesia dan juga tertinggi di dunia.
Dengan begitu, Fauzi tidak khawatir dengan isu tersebut. Kalau ada penarikan, perbankan nasional siap menghadapi. Sistem perbankan Indonesia tidak bakal terguncang dengan isu tersebut.
Peristiwa krisis ekonomi 1998 disertai rush money tidak akan terulang.Saat ini, perbankan terus menjalankan peran dengan baik di tengah pelambatan ekonomi.
Kalau terjadi rush, perbankan masih aman.
Sebab, penarikan dari masyarakat sangat jauh dari total tabungan di bank yang mencapai Rp 4.669,89 triliun. Fauzi yakin, isu rush money tidak menggoyahkan sistem perbankan. Saat ini, fondasi perbankan nasional sudah kuat.
Nilai itu merupakan simpanan para nasabah dari 1.912 bank peserta penjaminan LPS dengan jumlah rekening sebanyak 190.121.579.
Itu terdiri dari 119 bank umum dan 1.794 Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
”Kemungkinan terjadi rush kecil. Labilitas politik Amerika Serikat (AS) lebih berdampak dari gejolak politik domestik,” ucap Fauzi. (far/jos/jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top