30 Unit Rumah Warga Terima BSPS – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Metro Kolaka

30 Unit Rumah Warga Terima BSPS

Salah satu rumah warga yang mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.FOTO:Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun ini akhirnya memberikan bantuan perbaikan rumah bagi warga Kolaka yang kurang mampu. Sebanyak 30 unit rumah di dusun IV Trans nelayan kecamatan Tanggetada mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)

Ketua Kelompok Penerima bantuan, Tamrin yang ditemui membenarkan adanya 30 unit rumah yang mendapat perbaikan saat ini yang bersumber dari pemerintah pusat. Ke 30 rumah tersebut kata dia, saat ini sedang dalam pelaksanaan pembangunan.

“Ada tiga kategori rehabilitasi dalam program ini, yaitu warga yang rumahnya rusak ringan akan dilakukan rehab ringan dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 8 juta. Untuk rehab sedang dianggarkan sebesar Rp. 10 juta, sedangkan bagi rumah warga yang kondisinya rusak berat akan diberikan bantuan sebesar Rp. 15 juta,” terang Tamrin.

Hanya saja lanjut Tamrin, besar bantuan yang diberikan bagi warga tersebut tidak berupa dana tunai, namun berupa material rumah sesuai yang dibutuhkan oleh warga.

“Jadi prosedur bagi penerima bantuan ini adalah warga Desa Tanggetada yang ditandai dengan Kartu Tanda Penduduk setempat dan Kartu Keluarga, memiliki rumah sendiri dengan lokasi perumahan yang dimilikinya sendiri. Selanjutnya rumah yang dilakukan perbaikan berada dalam kategori tidak layak huni karena sudah dalam kondisi rusak,” kata Tamrin.

Tamrin yang juga merupakan Kepala Dusun IV di desanya itu menambahkan bahwa program BSPS yang masuk dalam Desa Tanggetada merupakan salah satu daerah yang mendapatkan bantuan perumahan yang bersumber dari Dana Aspirasi salah satu Anggota DPR RI asal Partai Golkar di Jakarta.

Sementara itu, mantan Sekretaris Partai Golkar Kabupaten Kolaka, Andi Saenuddin yang ditemui membenarkan jika pembangunan perumahan warga Desa Tanggetada tahun ini merupakan salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang mendapatkan Dana Aspirasi dari Anggota DPR RI.

“Ya benar. Dana itu bersumber dari Kemen PU Pera yang dimasukkan dalam pos Dana Aspirasi Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara yakni bapak Ridwan Bae,” terangnya. (hrn)

Click to comment

The Latest

To Top