Anggota DPR RI Tinjau Daerah Rawan Longsor – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Anggota DPR RI Tinjau Daerah Rawan Longsor

Janji 2017 akan Dibenahi

KOLAKAPOS, Palopo–Anggota DPR RI, Bahrum Daido melakukan reses dengan meninjau lokasi rawan longsor di Jalan Poros Palopo – Toraja yang berada di Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo.

Dalam kesempatan itu, Bahrum meninjau 10 titik daerah rawan longsor yang ada di jalan ini. Disela-sela peninjauannya, Bahrum Daido mengatakan bahwa setelah meninjau lokasi pihaknya akan menyusun laporan untuk perbaikan jalan yang rawan longsor ini.
”Saya akan buat laporan dulu setelah meninjau daerah rawan longsor ini,” sebut Bahrum didampingi Lurah Battang, Andi Rommy Djollo kemarin.

Selanjutnya, ujar Bahrum, paling lambat tahun 2017 mendatang, wilayah daerah rawan longsor ini akan dibenahi. Pasalnya, hal ini sangat mendesak disebabkan sangat berbahaya bagi warga serta pengguna jalan.

“Saya akan buat laporannya dulu, Insya Allah paling lambat 2017 titik yang rawan longsor ini akan dibenahi,” jelas anggota Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Hasan, S.Sos mengatakan wilayah rawan longsor diakibatkan pergeseran tanah yang bisa saja terjadi jika curah hujan terus-menerus seperti saat ini.

Selain itu, sejumlah titik di daerah tersebut terindikasi rawan longsor akibat kontur tanah yang labil dan penggunaan lahan yang tak sesuai dengan jenis tanah di wilayah tersebut.

”Kemungkinan terjadinya longsor tak bisa diprediksi seperti sebelumnya, dikarenakan saat ini cuaca dan perubahan iklim yang tak menentu. Untuk itu, wilayah yang tingkat kekeringan tinggi wajib diwaspadai, seperti di wilayah Battang Barat karena belum lama ini, lahan tersebut mengalami kebakaran sehingga tak ada tanaman yang menahannya dari atas, dan itu sangat rawan terjadinya longsor,” ungkap Hasan.

Ia juga mengungkapkan, ditempatkannya pos titik pantau bencana di wilayah tersebut dikarenakan tiga wilayah tersebut sudah merupakan zona longsor dan banjir. Dan penduduk di wilayah tersebut dan sekitarnya harus waspada terhadap bencana tersebut.
Untuk wilayah rawan longsor di Kota Palopo terdapat di 3 (tiga) kecamatan, yakni Kecamatan Wara Barat, Kecamatan Sendana, dan juga Kecamatan Mungkajang, dimana wilayahnya berada di Latuppa, Kambo, Lebang, Battang, Sampoddo, dan Purangi.(palopo pos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top