Tengah Malam, Raperda APBDP Muna Ditetapkan – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Tengah Malam, Raperda APBDP Muna Ditetapkan

Serah terima persetujuan Perda tentang APBDP Muna tahun anggaran 2016, dilakukan Wakil Ketua DPRD Muna La Ode Dirun ke Bupati Muna LM Rusman Emba.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Setelah melalui rapat panjang, akhirnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Kabupaten Muna tahun anggaran 2016 di tetapkan dan disetujui oleh anggota DPRD Muna pada tengah malam. Hadir dalam penetapan Raperda APBD Muna itu Bupati Muna LM Rusman Emba. Rapat sendiri dipimpin Wakil ketua DPRD Muna La Ode Dirun dan dihadiri 24 anggota DPRD serta jajaran kepala SKPD Muna.

Bupati Muna dalam sambutanya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD serta kepada tim anggaran pemda dan para kepala SKPD yang masih semangat dan tidak mengenal lelah untuk tetap mengikuti proses pembahasan rancangan APBDP Muna 2016 ini. “Hal ini tentu merupakan perwujudan komitmen kita bersama dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah,” ucapnya.

Menurutnya, penetapan APBDP Muna 2016 di bulan November ini akan memberikan hikmah yang sangat besar bagi pembangunan daerah. Disamping itu, lanjut orang nomor 01 di Bumi Sowite ini, dari sisi implementasi pelaksanaan kegiatan, diharapakan proses administrasi akan lebih cepat dilaksanakan sehingga penyerapan akan lebih maksimal. “Dengan demikian, harapan pemerintah terhadap tata kelolah keuangan daerah akan lebih baik,” katanya.

Tidak hanya itu, eks ketua DPRD Provinsi Sultra itu mengatakan, secara umum, hasil pembahasan rancangan APBDP Muna tahun anggaran 2016 disetujui postur perubahan APBD yakni pendapatan daerah Rp1,163 miliar lebih, belanja daerah Rp1,342 miliar lebih. Devisit Rp178 miliar lebih. Sementara itu, penerimaan pembiayaan mencapai Rp180 miliar lebih, pengeluaran pembiayaan Rp1 miliar lebih. Surplur daerah sebesar Rp178 miliar.

“Pada penetapan KUA dan PPA Perubahan 2016 disepakati sebesar Rp1,236 miliar lebih. Sedangkan pada RAPBD-P direncanakan sebesar Rp1,163 miliar. Terdapat selisih pendapatan yang terdiri dari pengurangan dana penyesuaian tunjangan profesi guru sebesar Rp73 miliar lebih, dan pengurangan dana tambahan penghasilan guru sebesar Rp745 juta. Serta adanya penambahan dana hibah pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk penyertaan modal PDAM sebesar Rp1 miliar lebih. Sehingga terdapat selisih pendapatan sebesar Rp72 miliar lebih antara KUA dan PPA dengan RAPBD-Perubahan tahun anggaran 2016,” terangnya. (m1/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top