Hari Ini, Operasi Zebra Anoa Dimulai – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Hari Ini, Operasi Zebra Anoa Dimulai

Kasatlantas Polres Konawe, AKP Jumiran.

KOLAKAPOS, Unaaha–Satuan polisi lalu lintas (satlantas) Polres Konawe hari ini, mulai tanggal 16-29 November 2016 menggelar perdana operasi Zebra Anoa. Operasi kepolisian ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang juga merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun untuk mendukung operasi lilin pada bulan Desember nantinya.
Kasat Lantas Polres Konawe AKP Jumiran menuturkan, sasaran dari operasi Zebra Anoa ini yakni pelanggaran lalu lintas serta segala gangguan yang berpotensi menghambat maupun mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas. Olehnya itu agar operasi zebra yang akan dilaksanakan hari ini dapat teratasi, namun yang terpenting dari operasi ini yakni penegakan hukum dimana 80 persen itu penegakan hukum, 10 persen preventif dan sepuluhnya lagi prentif.

Lanjut Jumiran, sebelum operasi ini dilaksanakan pihak Sat Lantas terlebih dahulu sudah menyebar luaskan informasi akan adanya operasi ini, ini juga bertujuan agar pengendara baik pengendara roda dua maupun roda empat agar menyiapkan surat kendaraan lengkap dan menggunakan keamanan saat berkendara agar hal-hal yang tidak inginkan tidak terjadi baik pengemudi maupun pengguna jalan yang lain.

“Agar operasi ini diketahui oleh masyarakat maka kami dari Sat Lantas Polres Konawe telah melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang pelaksanaan Operasi Zebra ini, selain itu melalui media spanduk dan surat himbauan juga kita sebarkan demikian ke beberapa kantor termasuk sekolah. Kita harapkan para pengendara mematuhi rambu lalulintas dan menyiapkan surat kendaraan serta menggunakan alat keselamatan” ujarnya.

Bagi pengendara motor khususnya bagi anak sekolah, jika terjaring operasi ini lanjut kasat, pihaknya tidak akan menindaki secara hukum seperti pemberian surat tilang, asalkan pengendara tersebut memiliki keamanan pengendara dan surat kendaraan dan yang terpenting waktu-waktu sekolah. Sedangkan untuk pengendara yang masih di bawah umur jika terjaring maka orangtuanya yang akan di panggil dengan syarat kendaraan terlebih dahulu di tahan.

” Kalau anak di bawah umur tetap kita tindak akan tetapi orangtuanya kita panggil dan membuat pernyataan. Di situ juga kita akan berikan penyuluhan bahwasanya pentingnya itu menjaga keselamatan, jangan sampai anak-anaknya itu yang di siapkan mengganti generasi kedepan menjadi cacat karena kecelakaan yang sia-sia, untuk anak SMA kita sudah sepakat bersama kepala sekolah dan guru, jadi untuk anak SMA kita ada toleransi yang penting dia terlindungi dalam arti pengguna kendaraan mematuhi rambu dan menggunakan helm keselamatan dan mematuhi peraturan berkendara namun jika tidak menggunakan alat keselamatan berkendara maka tetap kita akan tindaki” terangnya.

Untuk titik operasi akan dilakukan secara acak dalam 14 hari kedepan namun yang terpenting dari tempat operasi zebra ini yakni jalan yang dianggap rawan kecelakan dan rawan pelanggaran lalulintas seperti jalur dua, termaksud jalur poros lintas kabupaten dan lintas provinsi untuk itu kerja sama lintas sektoral juga akan libatkan.

“Titik operasi di seluruh wilayah konawe dan konawe utara, utamanya adalah daerah rawan laka, pelanggaran dan rawan macet, tapi untuk macet kita kan tidak ada hanya pelanggaran lawan arus yang banyak, di tempat inilah nanti kita akan lakukan operasi zebra. Yang terpenting di semua jalur yang berpotensi kita akan gelar, untuk persolnil sendiri kita akan gabung dengan dinas perhubungan ” jelasnya. (M4/b/hen )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top