Dekati Akhir Tahun, Neraca Dagang Catat Surplus Tertinggi – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

EKOBIS

Dekati Akhir Tahun, Neraca Dagang Catat Surplus Tertinggi

KOLAKAPOS, Jakarta–Hingga September, neraca dagang Indonesia masih mencatatkan surplus USD 1,22 miliar. Surplus itu merupakan yang tertinggi sepanjang tahun ini.

Sejumlah pihak memprediksi kinerja neraca dagang kembali positif pada Oktober. Meski demikian, nilai surplus diprediksi lebih rendah jika dibandingkan dengan September.

Ekonom Maybank Juniman menyatakan, neraca perdagangan untuk Oktober diprediksi surplus berkisar USD 849 juta. Secara nominal, ekspor dan impor akan meningkat secara month-to-month.

Yakni, kenaikan nilai ekspor dari USD 12,5 miliar pada September menjadi USD 12,64 miliar pada Oktober.

’’Begitu juga impor. Akan ada peningkatan dari yang sebelumnya (September, Red) USD 11,3 miliar menjadi USD 11,79 miliar pada Oktober,’’ jelas Juniman kemarin.
Peningkatan nilai ekspor didukung perbaikan negara mitra dagang utama RI. Terutama Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan Tiongkok.

Peningkatan tersebut juga dipicu kenaikan harga komoditas. Terutama minyak, batu bara, logam, dan nikel.

Sementara itu, impor pada Oktober didukung peningkatan ekonomi domestik dan ekspor.

’’Kalau ekspor meningkat, impor juga meningkat. Hal itu terjadi karena barang yang diimpor diubah menjadi barang jadi yang kemudian diekspor. Misalnya, impor benang menjadi ekspor garmen,’’ katanya.

Di sisi lain, lanjut Juniman, peningkatan impor juga dipicu percepatan belanja pemerintah pada triwulan keempat.

Sebagaimana diketahui, penyerapan belanja paling tinggi biasanya terjadi pada kuartal IV.

Dengan peningkatan penyerapan anggaran, kebutuhan infrastruktur seperti baja juga meningkat. Musim kampanye di 100 pilkada juga menjadi pemicu inflasi sektor pangan.

’’Impor kebutuhan seperti kain spanduk dan sebagainya itu terlalu banyak. Kampanye juga terkendala masalah akomodasi dan makan. Karena itu, kebutuhan pangan meningkat. Impor pangan kan terlalu banyak,’’ ucap Juniman. (ken/c5/noe/jos/jpnn)

Click to comment

The Latest

To Top