Akhir 2016, ATM 4 Bank Pelat Merah Disatukan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Akhir 2016, ATM 4 Bank Pelat Merah Disatukan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jakarta–Penyatuan anjungan tunai mandiri (ATM) empat bank pelat merah ditargetkan dapat terealisasi akhir 2016. Nantinya, transaksi tarik tunai dengan biaya Rp 0 alias gratis bisa diterapkan pada kuartal pertama 2017.

Empat bank BUMN itu, terdiri dari PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI).

“Itu kan ATM (tarik tunai free), yang diharapkan mulai jalan akhir tahun ini. Tapi beroperasi penuhnya tahun depan, mudah-mudahan di kuartal I-2017,” jelas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Fasilitas transaksi tarik tunai gratis dapat dinikmati nasabah melalui jaringan ATM yang dikelola empat bank BUMN.

“Itu kan harus pakai ATM yang sama. Kalau kita dapat izin switching dari Bank Indonesia sebelum akhir tahun ini, awal tahun depan bisa jalan,” terang Rini.

Sebelumnya, akhir tahun lalu, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mulimanan D Hadad berharap, bank-bank yang berada di bawah naungan BUMN bisa menjalin kerja sama untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah.

Dengan adanya sinergi, bisa meningkatkan daya saing perbankan di Indonesia, khususnya bank BUMN.

“Di beberapa tempat mungkin bisa dijadikan acuan, kira-kira bidang lain menjadi pemikiran kita bersama, misalnya pengembangan SDM, ini menurut saya bisa kita share agar value budaya bank-bank BUMN sejalan dengan keinginan kita?,” kata Muliaman. (lum/jos/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top