Purnawirawan TNI-AL yang Masih Penuh Semangat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Purnawirawan TNI-AL yang Masih Penuh Semangat

Serma Asrif (Purnawirawan) TNI -AL.(Doc.Andi Jumawi Kolaka Pos)

Serma (Purn) Asrif

KOLAKAPOS, Wanggudu–Meski usia sudah menginjak 73 tahun, namun semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dimiliki Asrif, tak pernah luntur. Bagaimana tidak, Asrif adalah seorang Purnawirawan TNI-AL letting 1961 lalu berpangkat Sersan Mayor.
Saat ditemui di kediamannya di desa Walalindu, kecamatan Asera, Konawe Utara, Asrif mengakui jika dia tetap semangat ?dan menjadikan NKRI harga mati, meskipun sudah lanjut usia. “Semangat NKRI harus kita tanamkan dalam diri kita, karena kemerdekaan yang kita raih bukan sebuah hadiah dari bangsa lain, namun sebuah hasil perjuangan dari para pahlawan kita. NKRI harga Mati, itulah yang harus kita miliki,” kata Serma (Purn) Asrif.
Menurutnya, saat bertugas dirinya memiliki kenangan yang selalu diingat, yakni saat penugasan Dwikora di Pulau Sebatik Kalimantan. “Saat itu kami bertugas selama 17 bulan di pulau Sebatik Kalimantan, disitulah saya rasakan yang namanya suka duka di medan tugas, sampai saya menitikkan air mata tanda rasa sedih saya terhadap kondisi yang kami alami, dimana saat itu dua teman saya yang jadi korban,” ungkapnya.
Untuk diketahui, Asrif adalah Purnawirawan TNI-AL ?yang merupakan angkatan 1961-1962 dan langsung masuk di pasukan elit angkatan laut, yaitu pasukan komando angkatan laut, Marinir. Dirinyapun sempat menunjukkan sejumlah penghargaan yang pernah didapatkan dari pemerintah RI, seperti Prajurit Setia XVI, Gerakan Operasi Militer (GOM) IV, Setia Dharma, Wira Dharma, Penegak dan Kartu Veteran Kelas II.
?Asrif pensiun pada tahun 1993 dengan tiga orang anak dan seorang isteri. Kini dia dan keluarganya hidup dengan harapan dari gaji pensiunan yang ia miliki, itupun menurutnya tak mencukupi, namun tetap semangat karena dirinya sudah tak bisa lagi bekerja berat seperti yang lainnya. Awal penugasan di Armada Timur (Armatim) Surabaya, terakhir di Stasion Angkatan Laut Kendari (SIONAL). (k7/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top