Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Helat Upacara – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Kolaka Utara

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Helat Upacara

Suasana tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Lasusua kolaka Utara di desa Tottallang.FOTO:Suleha/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Lasusua–Kemarin 10 November, seluruh Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut). Pemkab Kolut menggelar upacara peringatan Sumpah Pemuda di lapangan aspirasi kemarin.
Asisten I Pemkab Kolut, Zainuddin mengatakan, dalam momen ini para pemuda harus mampu menggali apinya, bukan abunya. “Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi,” katanya.
`
Lebih lanjut dia menuturkan, pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa semangatperjuangan dan mental,karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

“Semangat Kepahlawanan adalah semangat persatuan. Persatuan yang bulat dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat Kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara,” ujarnya.

Dalam pandangannya, investasi keterampilan dan material amat penting. Akan tetapi, yang lebih penting lagi adalah investasi mental. Investasi keterampilan dan material tidak bisa menjadi dasar persatuan dan kemakmuran bersama tanpa didasari investasi mental. Tanpa kekayaan mental, upaya-upaya pemupukan keterampilan dan material hanya akan melanggengkan perbudakan.

“Melalui Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, Peringatan ini diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh-kembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya.

Usai melakukan upacara di lapangan Aspirasi dilanjutkan upacara di TMP Lasusua kolaka Utara di desa Tottallang yang dipimpin lanhsung kapolres Kolaka Utara.(Cr2/b)

Click to comment

The Latest

To Top