Panwas Bombana Gelar Rakor Pengawasan Pilkada – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Panwas Bombana Gelar Rakor Pengawasan Pilkada

Panwas Bombana bersama stakeholder menggelar Rakor pengawasan Pilkada Bombana.FOTO:Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–Mencegah terjadinya kecurangan saat penyelenggaraan Pilkada Bombana tahun depan, Panwaslu Bombana mengambil langkah taktis melalui rapat koordinasi (Rakor), bertajuk pengawasan penindakan dan pengamanan antara jajarannya dan stakeholder, yang berlangsung di salah satu hotel di Rumbia, Kamis (10/11).

Komisioner Panwas Bombana devisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Hasdin Nompo mengatakan, Rakor ini bertujuan untuk memberikan sinergitas antara Panwas kabupaten dan kecamatan serta stakeholder lainnya, dalam mewujudkan penyelenggaraan Pilkada yang bebas, aman dan rahasia.
Acara yang berlangsung selama empat jam itu, membahas juga kegiatan Panwas dalam mengawasi penyelenggaraan tahapan Pilkada oleh KPUD, serta penindakan dan pengamanan dari pihak aparat hukum.
“Rakor ini juga menjelaskan secara tehnis bentuk-bentuk pelanggaran, serta sanksi hukum atas pelanggaran,” katanya.
Menurutnya, permasalahan yang menonjol saat ini yakni keterlibatan aparat pemerintah dan data jumlah pemilih. “Saat ini pemerintah dalam hal ini dinas Capil dan KPUD, sedang melakukan pendataan warga yang masuk dalam daftar pemilih. Selain itu, pemaparan mengenai pencegahan intervensi politik PNS yang sangat memanas, jadi diperlukan pengawasan dari Panwas,” jelasnya.
Penyatuan langkah dan sikap dari jajaran Panwas dan stakeholder serta dukungan pihak aparat penegak hukum, dalam mengawal tahapan penyelenggaraan Pilkada merupakan langkah yang tepat ketika terjadi tindakan kecurangan yang ada di lapangan.
“Melalui Rakor ini diharapkan satu persepsi antara Panwaslu kabupaten, kecamatan serta elemen masyarakat dan pihak penegak hukum, dalam mengawasi jalannya tahapan pemilukda, sehingga terwujud pesta demokrasi yang baik sesuai yang diharapakan,” ungkapnya. (k6)

Click to comment

The Latest

To Top