18 Balon Kades Terdaftar di Kecamatan Aere – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Kolaka Timur

18 Balon Kades Terdaftar di Kecamatan Aere

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Tirawuta–Dari delapan Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang direncanakan berlangsung pada Desember ini di Kecamatan Aere, tercatat sebanyak 18 Bakal Calon Kepala Desa resmi mendaftar pada panitia masing-masing penyelenggara hingga hari H pendaftaran.

Camat Aere Syawal Syarifudin mengatakan, untuk Desa Taore, Pekorea dan Desa Rubia masing-masing hanya terdapat satu Bakal Calon. Sedangkan untuk Desa Awiu, Desa Watumoha dan Desa Ulundoro
masing-masing terdapat dua Bakal Calon.
Sementara untuk Desa Tinete terdapat tiga Bakal Calon. Sedangkan yang paling banyak peminatnya terdapay di Desa Iwoimea Jaya yang terdapat enam Bakal Calon. “Semuanya dari delapan desa, total keseluruhannya mencapai 18 Bakal Calon,” katanya.

Untuk Desa yang hanya terdapat satu pasangan Balon katanya, telah diberikan waktu selama dua puluh hari kedepan membuka kembali pendaftaran sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. “Kalau sudah maka tahapan selanjutnya akan kembali berjalan. Namun kalau ternyata tidak ada lagi calon yang mendaftar dari batas waktu tersebut, maka tetap akan terdapat satu calon saja yang akan ditetapkan.

Sebelumnya, Kabid Pemdes dan Lurah BPMD Koltim Iwan Kara mengatakan, Pada Pilkades kali ini, tidak ada ambang batas persentase perolehan suara. Maksudnya, siapapun yang meraih suara terbanyak, sudah itu pemenangya. “Tidak ada batas minimal perolehan suaranya. Beda berapapun perolehan suaranya, yang memperoleh suara terbayak adalah pemenangnya,” ungkapnya.

Selain itu katanya, peserta kandidat Calon Kades nanti maksimal lima orang. Apabila peminatnya melebihi dari lima orang, maka akan dilakukan fit and propertest oleh panitia tingkat kabupaten yang di fasilitasi langsung oleh panitia desa setempat dengan menjawab seratus nomor soal pilihan ganda. Bukan hanya itu, sendainya pada saat Pilkades nanti hanya terdapat satu kandidat atau yang memenuhi syarat. Maka Pelaksanaanya tetap berlangsung.

“Kalau itu terjadi, maka calon tersebut harus meraih suara separuh dari total suara yang ada,” tandasnya. (ing)

Click to comment

The Latest

To Top