Terbukti Pungli PNS Dipecat – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

SULSELBAR

Terbukti Pungli PNS Dipecat

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Parepare–Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang ditindaklanjuti dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang Pemberantasan Pungli pada lingkup pemerintahan daerah.

Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare pun bergerak cepat untuk melakukan sosialisasi dan meminta memasang spanduk bertuliskan bebas pungli pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare.

Kepala Inspektur Kota Parepare, Muh Husni Syam yang dihubungi, kemarin mengatakan, pihaknya akan turun melakukan sosialisasi untuk mengingatkan agar setiap SKPD memasang spanduk bertuliskan bebas pungli. “Kalau ada pegawai dalam lingkup Pemkot Parepare yang terbukti melakukan pungli, sanksinya dipecat. Itu sesuai surat edaran Kemendagri,” jelasnya.
Inspektorat, kata Husni, terbuka menerima laporan atau aduan dari manapun yang menemukan adanya PNS melakukan praktik pungli.

“Ini serius, kami tidak main-main memberantas praktik pungli di lingkup pemerintah kota sebagai tindak lanjut surat edaran Kemendagri. Kami tindak siapa pun pegawai melakukan pungli. Dan biasanya itu terjadi pada SKPD, khususnya pelayanan masyarakat atau publik,” katanya.

Husni menjelaskan, Inspektorat juga akan menyurati pihak instansi sektoral seperti badan usaha milik negara/daerah (BUMN/BUMD) agar untuk memasang spanduk bebas pungli. “Kami akan turun ke SKPD maupun di instansi sektoral seperti PDAM, Pelindo dan lainnya untuk memasang spanduk pungli,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Parepare, AA Hamka yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya masih menunggu adanya aduan masyarakat terkait praktik pungli dalam lingkup Pemkot Parepare. “Setiap harinya kita mengecek di server pengaduan adanya aduan warga terkait praktik pungli di SKPD,”ungkap Hamka di Bagian Humas Kantor Walikota.

Hamka menambahkan, Pemkot Parepare serius menyikapi masalah pungli di SKPD, termasuk wali kota sudah mengintruksikan seluruh pimpinan SKPD agar memasang spanduk bebas pungli di instansi. “Saat Coffee Morning, pak wali kota langsung menginstruksikan kepada semua pimpinan SKPD atau instansi untuk memasang spanduk bebas pungli di kantor SKPD,” tandas mantan Lurah Labukkang ini. (parepos/fajar)

Click to comment

The Latest

To Top