Pemkab Konsel Serahkan KUA-PPAS ke DPRD – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Pemkab Konsel Serahkan KUA-PPAS ke DPRD

Wabup Konsel Arsalim Arifin saat menyerahkan KUA-PPAS kepada Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel telah menyerahkan nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) kepada DPRD Konsel, dalam rangka persiapan penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2017 mendatang.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga melalui Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin mengungkapkan, penyerahan KUA-PPAS kepada DPRD itu dilaksanakan dalam rangka untuk meminta persetujuan bersama, dalam hal penganggaran APBD 2017 mendatang.
“Setelah disepakati nantinya akan kita bahas menjadi pedoman organisasi perangkat daerah, dalam menyusun rencana kerja dan anggaran (RKA) SKPD,” jelasnya.
Dalam penyusunan KUA-PPAS tersebut, lanjut dia, secara umun ada empat misi besar pembangunan daerah yang menjadi prioritas utama.
“Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia, meningkatkan pengembangan ekonomi lokal dan daerah yang berkelanjutan, serta meningkatkan ketahanan pangan daerah,” ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakannya, mengenai flafon anggaran APBD 2017, Konsel diproyeksikan sebesar Rp1,22 triliun atau naik sekitar 2,68 persen. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dimana tahun lalu, APBD Konsel mencapai Rp1,19 triliun.
“Peningkatan itu bersumber dari dana PAD sebesar Rp49,146 miliar, dana perimbangan sebesar Rp902,09 miliar, dana desa sebesar Rp252,32 miliar dan pendapatan daerah yang sah sebesar Rp271,85 miliar. Sehingga jumlah plafon APBD 2017 mencapai Rp1,22 triliun,” rincinya.
Pemkab Konsel berharap, dengan penyerahan KUA-PPAS ini, pihak DPRD dapat membahas secara seksama dan memberikan tanggapan dan masukan sebelum ditetapkan.
“Karena kita upayakan bulan Desember mendatang APBD 2017 sudah bisa ditetapkan,” harapnya.
Penyerahan plafon anggaran sementara itu diserahkan melalui sidang paripurna di aula gedung DPRD Konsel, kemarin (8/11). (k5)

Click to comment

The Latest

To Top