Dana ADD Muna Cair Minggu Depan – Hacked by TryDee

Hacked by TryDee

Jazirah Sultra

Dana ADD Muna Cair Minggu Depan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Raha–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menargetkan pencairan alokasi dana desa (ADD) pekan depan. Hal itu di kemukakan Kepala Bidang Pemerintah Desa, Nazarudin Saga diruang kerjanya Senin (7/11) siang.

Menurutnya, pencairan dana ADD tahap II harusnya dicairkan pada Oktober lalu, namun terlambatnya kepala desa memberikan laporan realisasi dana desa tahap pertama yang berakibat tertundanya pencairan dana ADD tahap II. “Sampai hari ini (Senin, 7/11) sudah hampir 100 persen. Sudah lebih 100 desa yang mengumpulkan SPj. Jadi sudah tidak ada masalah,” ucapnya.

Alasan lain lanjut tersangka korupsi ADD Studi Banding 123 kades ke Yokyakarta itu, yakni adanya revisi peraturan bupati terkait data penerimaan dana ADD. “Kita salah data diawal, dikirim dalam data itu 125 desa, padahal kita harusnya 124 desa. Sehingga untuk pencairan tahap II harus di kembalikan ke 124 desa. Jadi itu yang disesuaikan dengan peraturan bupati. Insyaallah satu dua hari ini, prosesnya selesai. Sehingga Minggu depan sudah ditransfer,” ujar Nazaruddin.

Ia juga mengatakan, sistem pencairan tetap dua tahap. Dimana pada tahap pertama sebesar 60 persen dan 40 persen tahap dua. Untuk tahap kedua akan dicairkan pada bulan November ini. Namun sayang, Nazaruddin tidak dapat mengukapkan jumlah dana ADD tahap II yang bakal di terima oleh kades di Muna nantinya. “Tahap II sebesar 40 persen. Kalau jumlah pastinya saya tidak tahu,” katanya
Akan tetapi, lanjut Nazaruddin rata-rata setiap desa menerima dana ADD APBN 2016 sebesar Rp600 juta lebih dengan pencairan dua tahap. Selain pencairan ADD APBN, kata Nazaruddin, desa juga mendapatkan pencairan ADD APBD. “Bervariasi setiap desa ada hitung-hitungnya. Jadi dengan ADD kabupaten itu lebih Rp700 juta,” terangnya. (m1/b/hen)

Click to comment

The Latest

To Top