Tingkatkan Pajak, Dispenda Optimalkan Sweeping dan Kerja Sama Kejaksaan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tingkatkan Pajak, Dispenda Optimalkan Sweeping dan Kerja Sama Kejaksaan

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Makassar–Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulsel saat ini terus mengoptimalkan pajak kendaraan. Oleh karena itu, selain memberikan arahan kepada seluruh Kepala Samsat Kabupaten/Kota, ada pula menjalin kerja sama dengan pihak Kejaksaan.

Kadispenda Sulsel, Tautoto TR, mengungkapkan, pihaknya berharap kepada semua Kepala Samsat se-Sulsel untuk aktif melakukan penertiban kendaraan di wilayahnya masing-masing untuk mencari kendaraan yang belum membayar pajak.
Pasalnya, waktu yang tersisa tahun 2016 sekira dua bulan ini harus dimanfaatkan dengan maksimal 24 Samsat se-Sulsel untuk mengejar target pajak.
“Selain itu, dalam rangka Hari Jadi Sulsel ke-347. Sebelumnya, Pak Gubernur telah menandatangani MoU dengan Kejati Sulselbar terkait penagihan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB),” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.
Setelah itu, lanjut Tautoto, akan ditindaklanjuti Dispenda Sulsel bersama Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara.
Dia menjelaskan, sistem yang digunakan Dispenda Sulsel yakni menyurati penunggak hingga tiga kali dan juga dengan sistem door to door, apabila tidak ditanggapi, maka akan diadakan pemanggilan oleh pihak Kejaksaan untuk dimintai keterangan terkait dengan UU 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.
“Kita berharap dengan adanya program ini akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena tunggakan saat ini cukup signifikan berkisar Rp500 miliar,” jelasnya
Sekadar diketahui, sejauh ini jumlah PKB yang telah terealisasi sebanyak Rp747 miliar atau sebanyak 78,18 Persen dari target Rp956 miliar untuk 2016.
Sementara, pada periode Juli-September 2016 door to door di seluruh Sulsel mencapai 16.829 unit yang terdiri dari roda dua dan empat.
Dispenda Sulsel juga aktif memberikan pelayanan kepada wajib pajak dengan menggelar Samsat Keliling (Samkel). Pada periode Juli-September 2016 Samkel Makassar berhasil melayani 14.110 wajib pajak senilai Rp7.992.485.650 melalui dua loket yakni Samkel yang dioperasikan Al Markaz dan Samkel Hertasning. (fmc)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top