Pemkab Konsel Target Bibit Sapi 10 Ribu Ekor – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pemkab Konsel Target Bibit Sapi 10 Ribu Ekor

KOLAKAPOS, Andoolo–Pasca ditetapkan sebagai sentra bibit sapi di Sultra, Pemkab Konsel semakin intens melaksanakan pertemuan teknis pembinaan petugas inseminasi buatan (IB), terhadap sejumlah peternak sapi yang ada di Konsel. Selain itu, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan) Konsel, pemerintah setempat melaksanakan pembinaan terhadap sejumlah sentra peternakan rakyat (SPR) yang tersebar di berbagai kecamatan yang ada di Konsel.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengungkapkan, pihaknya mulai mempersiapkan personel yang handal untuk mengelola pengembangan bibit sapi tersebut. Pasalnya, tahun depan Pemkab menargetkan bibit sapi di Konsel sudah bisa berkembang hingga 10 ribu ekor.
“Dalam waktu singkat ini kita akan ditetapkan sumber bibit sapi di Sultra, jadi perlu rekrut tenaga personel handal,” ungkapnya.
Untuk se-Sulawesi lanjutnya, daerah yang ditetapkan sebagai daerah bibit sapi hanya dua, yakni Bone dan Konsel.
“Sehingga itu kita perlu adanya peningkatan masalah sumber daya manusia (SDM). Kedua dukungan APBD dan kebijakan. Supaya kita berternak sesuai dengan standar yang diinginkan,” katanya.
Untuk mewujudkan itu, pihaknya juga mengharapkan dukungan pemerintah Provinsi untuk ikut andil dalam pencanangan bibit sapi tersebut. Adapun mengenai letak produksi bibit sapi ini hampir semua kecamatan se-Konsel.
Bibit sapi ini juga lanjut Surunuddin adalah salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.
“Jadi masyarakat miskin juga tidak hanya mengharap bantuan dari pemerintah, tetapi dengan melibatkan para peternak ini mereka bisa mengembangkan bibit sapi. 2017 nanti saya akan berikan satu pasang bibit sapi satu keluarga,” janjinya.
Sebagai penunjang produksi ternak sapi itu, pihaknya akan bekerja sama dengan fakultas peternakan dari Bogor.
“Karena secara nasional melalui departemen pertanian mereka sudah mendapat rekomendasi dalam hal peternakan. Sekalipun kedepannya kita akan tetap menggandeng fakultas peternakan dari UHO,” tutupnya. (k5)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top