Mahasiswa Prodi Geografi USN Kuliah Perdana – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Mahasiswa Prodi Geografi USN Kuliah Perdana

Suasana kuliah perdana prodi pendidikan Geografi. Tampak Wakil Rektor I Frof Rusli Hadanu (kedua dari kanan) saat menyampaikan sambutannya di hadapan maba. Foto : USN for Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Universitas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka kini memiliki program studi (Prodi) Pendidikan Geografi. Prodi ini resmi dibuka setelah mendapatkan surat keputusan (SK) dari KementerianRiset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) pada pertengahan Agustus lalu. Setelah melakukan penjaringan mahasiswa baru (Maba) pada pertengahan Oktober lalu, Prodi yang tergabung dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini melaksanakan kuliah perdana di ruang aula USN.
Kuliah perdana yang dihadiri seluruh Maba yang berjumlah 31 orang ini resmi dibuka Wakil Rektor I USN, Prof. Rusli Hadanu didampingi Dekan FKIP Zakariah serta Plt. Kepala Prodi Pendidikan Geografi, Suliamin K.

Plt Kaprodi Pendidikan Geografi Suliamin, mengatakan hadirnya prodi pendidikan Geografi ini didukung dengan dosen pengajar handal di bidangnya. Dengan demikian ia berharap alumninya nanti dapat mengisi kekosongan guru mata pelajaran Geografi murni pada tingkatan pendidikan SMP maupun SMA.

Tidak hanya itu, pada proses perkuliahan nanti maba dibekali dengan mata kuliah bahasa Inggris dan Ilmu komputer sistem informasi geografis atau ilmu pemetaan. Hal ini dilakukan agar nantinya alumni pendidikan geografi tidak hanya disiapkan untuk menjadi guru di SMP atau SMA.Tetapi juga diharapkan dapat bekerja di lembaga-lembaga terkait baik lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta. “Pada mata kuliah tertentu kami berikan kepada dosen yang mampu berbahasa Inggris dengan harapan dalam proses perkuliahan mahasiswa aktif menggunakan bahasa Inggris, “ujarnya.

Untuk urusan akreditasi lanjut Suliamin, pendidikan geografi ini telah menyandang akreditas C, sesuai ketentuan Kemenristek bahwa setiap program studi lahir dengan status akreditasi minimal C. Enam bulan kemudian akan difisitasi kembali. (kal/b)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top