DPT Bombana Berkurang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

DPT Bombana Berkurang

Rapat pleno KPUD Bombana terkait DPS Pilkada Bombana.FOTO:Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–KPUD Bombana kembali merevisi jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS). Revisi itu dilakukan sebelum KPUD Bombana menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 30 November mendatang, yang tertuang setelah hasil rapat pleno KPUD, Rabu (2/11) malam.
Komisioner KPUD Bombana Divisi Teknis Pencalonan, Ashar mengungkapkan, DPT pada Pilpres 2014 sebanyak 107.444 sementara pada tahun ini jumlah DPT mengalami peningkatan yang begitu besar sebanyak 139.149. Melihat jumlah tersebut, kata Ashar, angka jumlah pemilih masuk kategori rawan sedang, sehingga perlu dilakukan pemuktahiran data kembali.
“Pertumbuhan penduduk untuk tiap tahun pada umumnya mencapai sekitar 5.000, itupun melihat perkembangan daerah itu sendiri, kalau dalam kurung waktu dua tahun naik sampai 39 ribu lebih, ini kurang rasional,” tuturnya.
Pemuktahiran data ulang yang dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP), yang telah direkap tingkat PPS dan PPK kemudian direkap tingkat kabupaten, terjadi penurunan daftar pemilih yang semula 107.444 kini menjadi 101.930.
“Hasil ini berdasarkan hasil sinkronisasi DPT ditambah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), yang dilakukan oleh tingkat kabupaten berdasarkan data PPS dan PPK,” ungkapnya.
Menurutnya, hal itu dipengaruhi oleh banyaknya warga penambang emas dari luar Bombana, yang masih terdaftar pada DPT Pilpres, yang sekarang dicoret karena nama dalam DPT Pilpres itu tidak ada dalam wilayah Bombana.
Mengenai hak pilih bagi warga Bombana, kata Ashar, masih banyak yang belum terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu, karena masih banyak warga yang belum memiliki E-KTP.
“Setiap warga Bombana yang belum terdaftar dalam Pemilu, untuk mengeluarkan hak politiknya harus melampirkan surat keterangan domisili, yang dikeluarkan oleh kepala desa sebagai lampiran pihak catatan sipil untuk memberikan surat keterangan sebagai pengganti KTP. Sehingga dengan begitu warga yang belum terdaftar, dapat menyalurkan hak politiknya pada Pilkada 15 Februari 2017 nanti,” tandasnya. (k6)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top