Tutup Jalan Harus Dilaporkan ke Dishub – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tutup Jalan Harus Dilaporkan ke Dishub

KOLAKAPOS, Palopo–Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palopo, Baso Akhmad mengimbau kepada masyarakat Kota Palopo untuk melaporkan kepada Dinas Perhubungan jika ingin melakukan penutupan jalan.

“Tidak boleh melakukan tutup jalan sembarangan apalagi jalan tersebut jalan ramai pengendara, sebelum ada koordinasi dengan Dinas Perhubungan,” kata Baso Akhmad, Selasa 1 November 2016.

Baso menjelaskan, penutupan jalan yang banyak dilakukan masyarakat Palopo pada saat pesta pernikahan, kematian, dan kegiatan masyarakat lainnya. Namun izin dikeluarkan Dishub itu tidaklah sembarangan.

Pasalnya, penutupan jalan tidak serta merta dilakukan.
”Kami lebih dulu melakukan survey apakah jika jalan ditutup, pengguna jalan tidak terganggu. Apakah ada jalan alternatif yang bisa dilalui. Jika ada jalan alternatif kenapa tidak diberi izin. Tapi jika tak ada kami menyarankan alternatif jalan lain,” sebut mantan Kabag Humas Pemkot Palopo ini.

Biasanya, sebutnya, penutupan jalan pesta pernikahan atau kematian diberikan paling lama dua hari, kalau konser musik atau kegiatan lainnya paling lama itu 24 jam.
Dia menegaskan, tanpa koordinasi akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan. Oleh karena yang mempunyai kewenangan dalam memberikan izin melaksanakan buka tutup jalan adalah Dinas Perhubungan.

BACA JUGA: Siparape Siap Launching Awal Agustus
“Ya, sudah jelas sangat larangannya karena sudah ada peraturan daerahnya maka kami meminta kerja sama yang baik dengan masyarakat agar tidak sembarang menutup jalan,” tegasnya.

Lanjut kata dia, sejauh ini sudah banyak juga masyarakat Kota Palopo menaati aturan. Bahkan sebelum melakukan penutupan jalan untuk melakukan pesta, mereka telah melapor ke Dinas Perhubungan.

Dia mengatakan, ada juga yang langsung memasang tenda dan menutup sebagian badan jalan. Setelah itu baru melapor kepada Dinas Perhubungan.(palopo pos/fajar)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top