Rekanan Diminta Lakukan Pembenahan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Rekanan Diminta Lakukan Pembenahan

Net/Ilustrasi

Soal Jalan Rusak di Jl DR Ratulangi

KOLAKAPOS, Palopo–Kerusakan jalan yang berada di poros Trans Sulawesi tepatnya di Jl DR Ratulangi menjadi sorotan masyakat Kota Palopo. Setelah rekanan PT Genytov Fajar berkilah kalau kerusakan jalan tersebut disebabkan ulah galian pipa PDAM dan cuaca, giliran PDAM Kota Palopo yang angkat bicara.

Manager Perencanaan PDAM Kota Palopo, Andi Siwaru kepada Palopo Pos, Selasa 1 November 2016 menyebutkan, kerusakan yang terjadi di jalan DR Ratulangi yang merupakan poros Trans Sulawesi bukan sepenuhnya diakibatkan karena galian PDAM. Pasalnya, pipa yang berada di bawah tanah tersebut lebih dulu ada dibanding pekerjaan jalan itu.

”Kesalahan tersebut bukan sepenuhnya salah kita, karena pipa itu yang duluan ada dibawah, sedangkan yang terjadi jika ada kebocoran pipa itu tanpa sengaja. Lagian kalau ada kebocoran yang rugi kan PDAM,” sebut Andi Siwaru kemarin.

Jika ada perbaikan pipa, sebutnya pihaknya yakni petugas operasional PDAM berkoordinasi dengan pihak rekanan.

”Kami selalu berkoordinasi jika ada perbaikan pipa dibawahnya,” jelasnya.
Apalagi, sebutnya lagi, saat ini masih dalam tahap pemeliharaan. Jadi ini masih merupakan tanggungjawab rekanan. Pasalnya, saat melakukan penggalian pipa, tanah masih labil belum pengerasan hingga pemadatan, sehingga tidak mengganggu kondisi pengaspalan.

Selain itu, kata Andi Siwaru, selain itu memang sudah ada lubang yang terjadi di sekitar jalan itu yang bukan disebabkan adanya galian pipa PDAM.

”Selain galian pipa PDAM, memang sudah ada lubang-lubang yang ada di jalan itu. Coba kita perhatikan. Dan itu memang berasal dari pengerjaan rekanan,” sebutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, rekanan PT Genytov Fajar yang mengerjakan proyek pelebaran jalan poros DR Ratulangi Palopo, gerah dan balik menyalahkan PDAM yang melakukan penggalian pipa hingga menyebabkan jalan yang telah diaspal berlubang.
Sumaryono, selaku rekanan dari PT Genytov Fajar, menuding PDAM telah merusak jalan dengan melakukan penggalian pipa di sepanjang Jalan DR Ratulangi.
“Selain faktor cuaca, rusaknya jalan disebabkan galian pemasangan pipa oleh PDAM. Meski demikian, kita tetap akan melakukan perbaikan terhadap jalan yang berlubang itu,” imbuh Sumaryono.

Senada Sumaryono, pengawas Bina Marga, Malik Usman, menerangkan, jika Bina Marga terus berkoordinasi dengan pihak rekanan, serta konsultas pengawas agar mengutamakan kualitas.

“Mengingat masa pemeliharaannya sampai Agustus 2018, jadi masih ada waktu untuk melakukan pembenahan, dan itu akan kami kontrol terus, agar bagian yang rusak segera dibenahi,” tegas Malik Usman.

Patahuddin, warga Salobulo mengungkapkan, genangan tersebut lantaran meluapnya air pada drainase. “Drainase yang sempit tak mampu menampung debit air hujan yang tinggi. Itulah yang membuat air meluap ke permukaan aspal,” kata Patahuddin.

Selain itu kata warga setempat lainnya, air pada drainase tidak jelas akan mengalir kemana, dan juga permukaan aspal yang tidak rata. “Biasanya permukaan aspal jalan itu dibuat sedikit miring agar air tidak tertampung,” ujarnya.(palopo pos/fajar)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top