Bupati Muna Instruksikan SKPD Berikan Data Akurat ke BPK – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Bupati Muna Instruksikan SKPD Berikan Data Akurat ke BPK

Bupati Muna LM Rusman Emba memimpin rapat pemeriksaan aset daerah oleh tim BPK RI perwakilan Sultra di aula gedung Galampano Raha, Senin (31/10).FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Secara rutin Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sultra melakukan pemeriksaan aset daerah, dengan tujuan tertentu atas pengadaan barang milik daerah tahun 2015 dan 2016 pada Pemerintah Kabupaten Muna. Kali ini, pemeriksaan dilakukan selama 30 hari kalender kerja, terhitung mulai Senin (31/10).

Sebelum pemeriksaan dimulai, diawali dengan entry meeting di ruang rapat gedung Galampano Raha, yang dipimpin oleh Bupati Muna LM Rusman Emba, turut dihadiri kepala dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Muna Ratna Ningsih, Inspektorat Kabupaten Muna dan sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemkab Muna. Sementara itu, dari BPK Perwakilan Sultra ketua tim BPK RI Antonius dan dua orang anggotanya.
Ketua Tim BPK RI perwakilan Sultra Antonius mengatakan, pemeriksaan dengan tujuan tertentu atas pengadaan barang milik daerah tahun 2015 dan 2016, mulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawaban terhadap kegiatan. “Jadi untuk Minggu pertama, kita akan meminta data-data awal dokumentasinya. Tetapi, kami minta masing-masing kepala SKPD memgetahui dimana posisi barangnya,” ungkapnya.
Menurutnya, keberadaan barang aset daerah yang dilaporkan oleh masing-masing SKPD kepada BPK RI perwakilan Sultra, harus diketahui oleh SKPD tersebut. Sebab, BPK RI bakal melakukan cek fisik atau uji petik terhadap keberadaan barang yang dilaporkan. “Kami akan bertanya langsung pada kepala SKPD. Kalau sampai ada kepala SKPD yang tidak mengetahui barangnya ada dimana? Contoh kendaraan dibawa oleh pihak pensiunan atau SKPD lain, itu kami melihat ada suatu bentuk kurangnya pengamanan atas SKPD tersebut,” terangnya.
Ia menambahkan, untuk melancarkan periksaan, pihaknya akan meminta bantuan Bupati Muna LM Rusman Emba.
Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, Pemkab Muna menyambut baik atas pelaksanaan pemeriksaan itu, dengan harapan Pemkab Muna dapat mengetahui kelemahan dan sesegera mungkin untuk melakukan perbaikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sehingga fungsi pemerintahan dalam melayani masyarakat dapat berjalan secara efektif dan efisien.
“Saya kira momentum ini penting, karena kita (kabupaten Muna, red) di lima tahun terakhir ini, posisi kita masih wajar dengan pengecualian (WDP),” ujarnya.
Olehnya itu, LM Rusman Emba mengintruksikan kepada SKPD yang terkait dalam pelaksanaan pemeriksaan BPK itu, diharapkan dapat membantu tim BPK dalam memberikan data yang dibutuhkan oleh tim pemeriksa dan juga memberikan informasi yang akurat dengan harapan tim dapat melaksanakan tugas dengan baik dan lancar.
“Indikator keberhasilan sebuah pemerintahan itu salah satunya ada wajar tanpa pengecualian (WTP). Saya kira ini persoalan-persoalan yang harus diselesaikan. Masa sampai lima tahun kita masih di posisi itu (WDP, red). Jadi, saya berharap teman-teman SKPD dapat memberikan data yang seakurat mungkin, sehingga itu menjadi penilaian oleh tim BPK,” tandasnya. (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top