Zakat-Wakaf Perkuat Stabilitas Keuangan – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Zakat-Wakaf Perkuat Stabilitas Keuangan

KOLAKAPOS, Surabaya–Keuangan syariah dipercaya menjadi pendorong untuk memperkuat stabilitas perekonomian dalam negeri. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan bahwa zakat dan wakaf sebagai bagian penting keuangan syariah dapat berkontribusi pada kemakmuran sosial-ekonomi bangsa.

’’Zakat dan wakaf selalu disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan, yaitu masyarakat yang paling terdampak oleh resesi. Karena sifatnya wajib, zakat juga akan terus mengalir secara proporsional dengan harta/pendapatan. Saat pendapatan berkurang, kewajiban zakat pun berkurang. Sebaliknya, saat pendapatan meningkat, zakat pun akan meningkat,’’ ujar Agus dalam seminar internasional bertajuk Integrating Islamic Commercial and Social Finance to Strengthen Financial System Stability di Surabaya.

Menurut dia, dengan adanya pengelolaan oleh pemerintah, alokasi zakat bisa berperan sebagai stabilisator perekonomian. Selain itu, dengan nilai wakaf yang terus meningkat karena pemasukan dari kegiatan produktif, wakaf dapat berperan sebagai penyangga terhadap guncangan ekonomi.(riaupos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top