Hujan Warnai Upacara Sumpah Pemuda di Muna – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Hujan Warnai Upacara Sumpah Pemuda di Muna

Bupati Muna LM Rusman Emba saat memimpin upacara hari Sumpah Pemuda.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha–Hujan yang mengguyur tidak menyurutkan semangat Pemerintah kabupaten Muna dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda di Alun-alun kota Raha kemarin (28/10).

Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, takjub dengan perkataan Bung Karno bersama tokoh pemuda padasaat itu berkata beri Aku Seribu Orang Tua, Niscaya Akan Kucabut Semeru Dari Akarnya. Beri Aku 10 Pemuda, Niscaya akan diguncangkan dunia’.
“Saat pertama mendengar pidato ini tentu banyak mengundang pertanyaan, mampukah dengan 10 pemuda dapat mengguncang dunia?. Tapi faktanya, pemuda Indonesia mampu menguncang dunia yakni terlihata pada prestasi yang ditorehkan oleh Rio Haryanto. Dimana, pemuda berusia 23 tahun itu, berhasil masuk ke level balap mobil F1, suatu ajang balapan tertinggi di dunia. Dunia balap internasional seolah tak percaya ada anak Indonesia berhasil menembus balapan paling bergengsi di dunia,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Indonesia juga berhasil mengembalikan tradisi emas di ajang Olimpiade Rio De Jeneiro Brazil melalui cabang olahraga bulutangkis. “Peraih medali emas itu adalah pasangan ganda campuran Owi-Butet, anak muda berusia 27 dan 30 tahun,” ucapnya

Tak hanya dibidang olahraga, lanjut eks Ketua DPRD Provinsi Sultra itu, pemuda Indonesia juga mampu mengukir prestasi melalui karya seni mereka hingga ke kanca internasional. “Mereka adalah Joe Taslim, aktor laga yang mampu naik dipanggung hollywood melalui film fast and furious, sutradara muda Livi Zheng (27) asal Jawa Timur yang berhasil masuk dalam perfilman Hollywood melaui karya-karya berkelasnya, Sandhy Sandoro (28) , musisi yang berhasil menyabet penghargaan Internasional Contest of Young Pop Singer di Latvia pada tahun 2009 dengan mendapatkan nilai nyaris sempurna dari juri, Nadiem Makarim pendiri Go-Jek, Ahmad Zaky CEO Bukalapak dan beberapa lainnya, dan Masista Rakhmatia seorang Diplomat Muda yang mampu mengguncang persidangan PBB karena diplomasinya yang keras,” paparnya

Lebih lanjut eks anggota DPD RI itu mengungkapkan, okoh-tokoh muda tersebut merupakan bukti dari pesan Bung Karno bahwa dengan pemuda Indonesia bisa hebat.
Untuk itu, ia berharap, para pemudanya agar dapat mengambil hikmat dari perayaan hari sumpah pemuda tersebut. “Persatuan yang selama ini terpecah karena momentum politik, agar kembali bersatu. Untuk menata masa depan Muna, agar daerah kita lebih berkembang sejajar dengan daerah yang berkembang di Indonesia,” seruhnya

LM Rusman Emba juga mengatakan, Pemda Muna akan selalu mendukung kegiatan kepemudaan, sehingga dapat melahirkan pemuda yang kreatif, inovatif dalam berkarya. “Mari kita buktikan dalam sejarah indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia,” tandasnya.

(m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top