85 Persen Pemohon SIM Gagal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

85 Persen Pemohon SIM Gagal

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Barru–Pemahaman tentang rambu lalu lintas bagi sebagian masyarakat Barru masih minim. Ini terbukti dari banyaknya pemohon SIM yang gagal tes, karena tak bisa menjawab pertanyaan saat praktik.

Tes yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas Polres Barru untuk pemohon SIM, 85 persen peserta ujian dalam satu hari diyatakan gagal melewati ujian.

Kasat Lantas Polres Barru, AKP Dharmawati mengatakan, ujian praktik saat mereka akan memproleh SIM, sebenarnya biasa-biasa saja, sebab materi ujiannya seputar apa yang mereka sering jumpai di jalan-jalan.

“Mereka ditunjukkan rambu dan diminta untuk memberi jawaban berkaitan rambu tersebut. Rata-rata mereka gagal di pemamahan rambu lalulintas,” ungkapnya.

Selama ini, rata-rata peserta uji praktik SIM di Polres Barru gagalnya di pengetahuan rambu-rambu jalan. Padahal pengetahui rambu lalulintas ini sangat penting bagi pengendara. “Ada yang mengaku tidak pernah lihat rambu seperti itu di kampungnya. Kebanyakan pemohon SIM dari daerah yang mereka tidak pernah jumpai mengenai rambu-rambu,” katanya.

Dalam satu hari, katanya, sedikitnya ada 40 orang datang ke Mapolres mengurus SIM. Mereka harus menjalani uji praktik. Namun sayang, paling tinggi hanya ada dua sampai 5 orang diantaranya yang dinyatakan lulus. Karena itu mereka dijadwal ulang untuk mengikuti ujian praktik minggu depannya. Sebelum mengikuti ujian pekan depannya, mereka diberi pemahaman tentang pemahaman rambu-rambu lalulintas di jalan.

Namun Dharma mengakui, ruas jalan di kota Barru ini termasuk banyak, namun sepi dari rambu-rambu jalan. Di beberapa ruas jalan kota Barru masih minim rambu jalan. Hal ini penting, karena rambu sangat berkaitan dengan tingkat keselamatan berlalulintas di jalan raya.

“Di Barru ini kelihatannya masih kurang rambu-rambu lalulintas, dan itu merupakan kewenangan Dinas Perhubungan,” sindirnya. (parepos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top