Realisasi Investasi Triwulan Ketiga Capai Rp 453 Triliun – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Realisasi Investasi Triwulan Ketiga Capai Rp 453 Triliun

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Jakarta–Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan realisasi investasi pada triwulan ketiga (Juli-September) tahun 2016 tercatat sebesar Rp. 155,3 triliun, meningkat 10,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2015.

Realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mencapai Rp. 55,6 triliun, meningkat 16,3 persen dibandingkan periode sama tahun lalu, sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) mencapai Rp. 99,7 Triliun atau tumbuh 7,8 persen.

Kepala BKPM, Thomas Lembong menyampaikan dengan tambahan capaian triwulan III tersebut, realisasi investasi Januari-September 2016 mencapai Rp. 453,4 triliun, meningkat 13,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp. 400 triliun. Realisasi investasi sepanjang Januari-September 2016 dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 960.041 orang.

Meningkatnya realisasi investasi ini menurut Lembong karena tingkat keamanan investasi di Indonesia yang baik, dan juga kemudahan yang diberikan oleh pemerintah daerah serta kementereian/lembaga.

“BKPM dengan Polri bekerjasama menciptakan jaminan keamanan untuk kegiatan investasi di Indonesia. K/L dan Pemerintah Daerah juga memberikan kemudahan dan fasilitas lebih baik kepada investor,” kata Lembong di Kantor BKPM, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (27/10).

Keamanan tersebut termasuk pemberantasan dan membersihkan praktek pungli dalam pengurusan perizinan dan non-perizinan investasi.BKPM sendiri sejak ahun 2014 telah mengimplementasikan perizinan secara online yang terintegrasi melalui Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE) dan akan terus mendorong untuk diterapkan di seluruh kabupaten/kota se Indonesia.

“Dengan sistem perizinan online ini, akan mengurangi tatap muka antara pengurus izin (investor) dengan pejabat yang menangani perizinan sehingga dapat mencegah terjadinya pungli,” kata Lembong lagi. (rmol.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top