Kades Tak Ikut Rakor, Pj Bupati Bombana Kesal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Kades Tak Ikut Rakor, Pj Bupati Bombana Kesal

Pj Bupati Bombana saat memberikan sambutan dalam kegiatan rakor. Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–Pj Bupati Bombana Sitti Saleha merasa kesal dengan ulah beberapa kepala desa (Kades) karena mangkir saat rapat koordinasi desa se-kabupaten Bombana. Pasalnya, berdasarkan absensi kehadiran saat rapat koordinasi, dari 121 desa hanya 70 kepala desa yang hadir.

Sitti Saleha mengatakan, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah daerah dan desa yang baik harus ada sinergitas program yang bersifat pemberdayaan masyarakat desa berasal dari pemerintah provinsi/kabupaten yang bermuara pada pemerintahan desa.

“Rakor ini sangatlah penting untuk menciptakan komitmen antara lembaga, baik itu pemerintah daerah maupun pemerintah desa sehingga dapat melahirkan kebijakan anggaran menuju desa yang mandiri maju dan sejahtera,” ketusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop Sultra mengatakan, absennya beberapa kepala desa dapat juga dikategorikan menghambat sistem informasi kebijakan pemerintah daerah yang menyangkut program pemberdayaan masyarakat.

“Jangan karena musim politik lurah dan kepala desa mengabaikan penyelenggaraan pemerintah yang berbasis pemberdayaan masyarakat,”ungkapnya.

Tentunya diharapkan kepala desa abaikan dulu kepentingan yang bersifat pribadi. “Kita lakukan apa yang menjadi tugas pokok selaku aparat pemerintah. Jadi sekarang pemerintah daerah sedang mengupayakan setiap desa satu perawat,”katanya

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan dan Pemberdayaan Perempuan (BPMP dan PP) kabupaten Bombana Mahyudin,menjelaskan bahwa pihaknya sudah memberikan informasi berupa undanga rapat pada lurah dan kepala desa untuk hadir saat rakor desa

“Hadir dan tidaknya saya tidak tahu persis apa penyebabnya,karena informasi absennya Lurah dan beberapa kepala desa,saya tidak tahu,” tandasnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top