Disperindag Diminta Antisipasi Harga Kebutuhan Pokok – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Disperindag Diminta Antisipasi Harga Kebutuhan Pokok

KOLAKAPOS, Pekanbaru–Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE, meminta Disperindag untuk dapat mengantisipasi naiknya harga-harga kebutuhan pokok di pasaran, terutama terhadap harga cabai merah.

Hal tersebut dikatakan T Azwendi Fajri terkait masih tinggi dan mahalnya harga sejumlah bahan pokok, khususnya terjadi pada harga cabai merah yang masih dikeluhkan masyarakat saat ini.

Berdasarkan pantauan di dua pasar tradisonal yang ada di Pekanbaru, yaitu di Pasar Arengka dan Pasar Cik Puan, diketahui harga cabai merah asal Pulau Jawa saat ini masih berkisaran pada harga Rp64-65 ribu per kilogram.

Untuk harga cabai rawit saat ini berkisar Rp40 ribu per kilogram dan harga bawang merah terpantau masih normal dengan harga Rp28 ribu per kilogram.

Politikus Demokrat itu juga mengatakan, sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadinya spekulan atau upaya penimbunan barang, Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Disperindag Kota Pekanbaru diminta melakukan pemantauan langsung ke lapangan.

“Disperindag harus turun ke lapangan agar dapat mengetahui apa penyebab terjadinya kenaikan harga di beberapa komoditi, terutama cabai merah. Dengan cara inilah Disperindag dapat mengantisipasi jika hal ini disebabkan oleh spekulan yang bermain. Segera tindak dan beri sanksi,” kata T Azwendi.

Namun, jika kenaikan harga sembako tersebut disebabkan oleh faktor alam dari daerah pemasok, T Azwendi berharap agar pemerintah punya alternatif untuk menekan harga sembako yang ada di Kota Pekanbaru agar tidak terlalu memberatkan masyarakat.

“Jika disebabkan faktor alam tentunya pemerintah memiliki alternatif agar harga-harga tidak melonjak naik seperti saat ini,” pungkasnya. (riaupos)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top