Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polisi Gencar Sosialisasi – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Polisi Gencar Sosialisasi

KOLAKAPOS, Andoolo–Meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, khususnya pelajar sudah sangat mengkhawatirkan. Sebab sudah banyak para pelajar menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, pencegahan mulai sejak dini harus dilakukan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga pendidikan tinggi. Hal itu ditegaskan Kapolsek Moramo Utara (Morut) Iptu Jusman, SH dan Kanit Binmas Polsek Lainea Bripka Asdar saat memberikan materi penyuluhan dan pencegahan peredaran narkoba di SMA 17 Konsel Kecamatan Laeya dan SMA 20 Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konsel.

Kapolsek Moramo Utara Iptu Jusman menjelaskan, saat ini sudah banyak kalangan pelajar terintimidasi kecanduan terhadap penyalahgunaan narkoba, obat untuk menyembuhkan orang kecanduan barang haram itu, tidak ada. Akan tetapi, hanya ada satu cara yakni dengan direhabilitasi.

“Pintu gerbang seseorang pemakaian narkoba dimulai dengan menghisap rokok. dengan merokok inilah kita bisa terkena pemakian narkoba. Awalnya mencari tahu, kemudian ingin tahu, selanjutnya ingin merasakan dan akhirnya kecanduan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi peredaran dan penggunaan Narkoba, lanjut dia khususnya kepada anak sekolah, perlu kerjasama semua elemen untuk dilakukan penyuluhan dan sosialisasi.

“Inilah pentingnya sosialisasi, dan orang tua dirumah perlu pengawasan khusus kepada anak-anaknya jadi bukan hanya disekolah saja, agar anak-anak tersebut bisa terhindar dari narkoba,” terangnya.

Sementara itu Kanit Binmas Polsek Lainea Bripka Asdar mengungkapkan, pihaknya berharap siswa bisa mengendalikan diri dalam memilih lingkungan pergaulan untuk menjauhi narkoba. Tidak itu saja, para wali murid pun harus bisa menyampaikan kepada masyarakat tentang bahaya dalam penggunaan narkoba.

“Mudah-mudahan setelah sosialisasi ini anak-anak generasi penerus Bangsa bisa mencapai cita-cita dan terhindar dari bahaya narkoba selamanya,” harapnya.

Kemudian lanjut dia, seluruh siswa bisa menjauhi narkoba dan ikut berperan menyampaikan kepada rekan-rekan dilingkungannya dan keluarganya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top