Nakertrans Sultra Minimalisir Calon TKI Ilegal – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Nakertrans Sultra Minimalisir Calon TKI Ilegal

KOLAKAPOS, Rumbia–Tak bisa dipungkiri masih banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri secara ilegal. Alhasil, mereka kerap tersandung kasus hukum.

Nah, untuk mencegah banyaknya TKI ilegal, Dinas Tenaga Kerja dan Trasmingrasi (Nakertrans) Sultra menggelar sosialisasi peningkatan pembinaan perlindungan dan penempatan TKI, Rabu (26/10).
Kepala Bidang Penempatan, Pembinaan dan Pelatihan Ketenagakerjaan, Nakertrans Sultra Marta S. Hutapea mengatakan, sosialisasi ini adalah bagian dari MoU bersama pemerintah daerah dan kepolisian daerah (Polda) Sultra.
Selain itu, kegiatan itu juga merupakan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) dari Kementerian Tenaga Kerja, untuk memberikan pemahaman terhadap calon TKI secara prosedural.
“POK ini merupakan petunjuk administrasi, langkah apa yang harus diambil bagi calon TKI yang akan bekerja di luar negri,” tuturnya.
Ia menambahkan, kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meminimalisir tindakan ilegal warga Indonesia, khususnya warga Bombana yang akan menjadi calon TKI di luar negeri.
“Kegiatan sosialisasi ini akan dilakukan di seluruh daerah di Sultra, yang merupakan kantong-kantong atau biasa disebut calon TKI terbanyak dan salah satunya yaitu kabupaten Bombana,” bebernya.
Menurutnya, Pemprov Sultra hanya mengakui dua lembaga Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS), diantaranya PT Mahliga Madi dan PT Manusia Rajin, yang berkedudukan di ibukota Sultra.
“Bagi warga Bombana yang ingin menjadi TKI di luar negeri, harus berurusan dua perusahan yang diakui oleh PPTKIS yakni Mahliga Madi dan Manusia Rajin. Diluar dari dua perusahan itu, semua ilegal,” ungkap Marta. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top