Musim Hujan, Waspada Hama Menyerang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Musim Hujan, Waspada Hama Menyerang

Salah satu hama yang menyerang tanaman padi

KOLAKAPOS, Kolaka–Dinas Pertanian, Peternakan dan Holtikultura Kolaka mengimbau agar para petani waspada terhadap serangan hama saat musim penghujan. Pasalnya, saat musim hujan, tanaman sangat rentan terhadap serangan hama.
Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Holtikultura Kolaka H. Muh Azikin mengatakan, pada musim hujan seperti ini, kondisi tanah menjadi lembab. Itu bisa menumbuhkan berbagai jenis hama tanaman seperti wereng, pengerek batang, tikus. “Sekarang musim hujan, tanah menjadi lembab pastinya hama dan penyakit akan semakin banyak dan ganas, olehnya itu petani harus siap,” tambahnya.

Jika serangan hama itu terjadi di sebagian besar areal hektare persawahan, dikhawatirkan akan terjadi gagal . Ancaman seperti gagal tanam juga bisa terjadi jika areal sawah terendam banjir pada musim hujan kali ini. “Sekarang ini kami khawatir terjadi banjir atau serangan hama secara besar-besaran. Sebab jika itu terjadi akan terjadi gagal panen,” terangnya.

Terkait dengan ancaman hama, ia mengaku pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penyuluh Pertanian Perkebunan Perikanan dan Kelautan (BP4K). “Koordinasi perlu dilakukan agar petugas BP4K melakukan penyuluhan kepada petani secara langsung. Sehingga para petani bisa mengantisipasi dini serangan hama,” tandasnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top