Hutan Lindung Bacukiki Membingungkan, Tapal Batas tak Jelas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Hutan Lindung Bacukiki Membingungkan, Tapal Batas tak Jelas

KOLAKAPOS, Parepare–Luas kawasan hutan lindung di wilayah Kecamatan Bacukiki dianggap membingungkan karena tidak adanya tapal batas yang jelas. Hal tersebut disampaikan Babinsa Kelurahan Lemoe Serma Firman saat turun bersama dengan Babinkamtibmas, kelurahan, bidang kehutanan dan masyarakat melakukan peninjauan lokasi. Saat bersama-sama meninjau, perwakilan Bidang Kehutanan tidak mengetahui patok batas hutan lindung.

“Seharusnya pihak kehutanan harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang tapal batas lokasi dan luas wilayah kawasan hutan lindung tersebut,” tegasnya.
Dia menjelaskan, lokasi yang dikelola masyarakat justru tidak masuk dalam kawasan hutan lindung karena berada di luar patok batas hutan lindung tersebut. “Jadi seharusnya masyarakat dan kehutanan duduk bersama untuk membicarakan batas lokasi hutang lindung, khususnya di Kelurahan Lemoe,” imbau Serma Firman.
Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan (PKPK) Kota Parepare Marhusaid Harun yang dihubungi terpisah mengatakan, sesuai informasi terakhir yang diberikan oleh petugas yang turun melakukan survei di lokasi itu berada di luar batas. “Artinya lokasi penebangan pohon yang dilakukan oleh masyarakat di luar dari lokasi hutan lindung,” ungkap Marhusaid.
Olehnya itu, kata dia, menindaklanjuti masalah penebangan pohon di wilayah Kelurahan Lemoe sementara dilakukan persuratan ke provinsi dan kementrian kehutanan untuk meminta kejelasan titik koordinat tapal batas hutan lindung. “Saat ini sudah banyak tapal batas hutang lindung yang hilang. Jadi saya tidak mengetahui persis titik pemasangan tapal batas tersebut,” bebernya.
Dia menambahkan, jika pemasangan tapal batas lokasi hutang lindung sejak tahun 1989. “Saya tidak tau persis, karena saya baru menjabad sebagai Kabid Kehutanan boleh dikatakan masih baru, apalagi pemasangan patok batas itu sejak tahun 1989,” tandasnya. (fmc)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top