Andi Djemma Diusul Jadi Nama Jalan di Makassar – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Andi Djemma Diusul Jadi Nama Jalan di Makassar

KOLAKAPOS, Makassar–Mahasiswa Luwu yang tergabung dalam Aliansi Pelajar dan Pemuda Luwu gabungan berbagai organisasi kepemudaan mendesak Walikota Makassar segera merealisasikan perubahan nama salah satu jalan di Makassar menjadi nama tokoh pejuang asal Luwu, Andi Djemma Datu Luwu.

Desakan itu disampaikan saat bertemu Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto di Rujab Wali Kota Makassar.
“Andi Djemma Datu Luwu adalah sosok pejuang yang di masa pemerintahannya sebagai raja Luwu memproklamirkan kerajaan Luwu sebagai bagian dari wilayah negara Republik Indonesia,” kata Andi Ikra Rahman, Ketua Aliansi Pelajar dan Pemuda Luwu.
Selain itu, sosok Andi Djemma Datu Luwu, merupakan salah satu tokoh yang di awal kemerdekaan memprakarsai pertemuan raja-raja se-Sulsel untuk menentang penjajah Belanda yang kembali ingin berkuasa pasca diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia.
Sementara, Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengapresiasi masukan itu. “Nama Andi Djemma sangat tepat diabadikan dalam nama salah satu jalan di kota Makassar. Kami sangat menghargai aspirasi dari Aliansi Pelajar dan Pemuda Luwu. Pemerintah kota serius menindaklanjuti aspirasi ini,” ujar Danny.
Ia mengaku, sejumlah langkah telah ditempuh untuk merealisasikan perubahan sejumlah nama jalan di kota Makassar menjadi nama presiden, dan nama pahlawan ataupun tokoh pejuang di Sulsel.
Selain mengubah beberapa nama jalan, penataan nomor rumah dan bangunan juga bakal dilakukan. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top