Amankan Ketahanan Pangan, Harga Gas Turun – KOLAKA POS

KOLAKA POS

EKOBIS

Amankan Ketahanan Pangan, Harga Gas Turun

KOLAKAPOS, Jakarta–Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat mengatakan keputusan pemerintah untuk menurunkan harga gas bagi industri pupuk menunjukkan perhatian yang besar terhadap sektor pertanian. Menurut Aas, kebijakan presiden merupakan kabar baik bagi kelangsungan industri pupuk di Indonesia.

“Kebijakan ini sangat bertepatan dengan kondisi kami saat ini yang tengah mengalami kesulitan akibat jatuhnya daya saing industri sebagai akibat tingginya biaya produksi karena harga gas yang tinggi,” ujar Aas dalam siaran persnya.

Tingginya harga gas saat ini, diakui Aas membuat urea Indonesia tidak bisa bersaing karena biaya produksi di Indonesia sudah melebihi harga pasar internasional.

“Bila terus berlanjut, mungkin kami harus menurunkan rate produksi. Namun dengan kabar baik ini, kami bisa pastikan bahwa pabrik pupuk akan bisa terus bertahan dan mengamankan pasokan pupuk dalam meningkatkan produksi pertanian,” tutur Aas.

Ketersediaan pupuk, menurut Aas akan menunjang program pemerintah dalam swasembada pangan, mengurangi ketergantungan terhadap produk impor, serta meningkatkan kesejahteraan petani.

“Bukan hanya itu, dengan turunnya harga gas, sebenarnya juga turut membantu meringankan beban subsidi karena tagihan subsidi kepada Pemerintah jelas akan berkurang juga,” tandas Aas.(chi/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top