Ibu Hamil Nekat Tipu Puluhan Juta – KOLAKA POS

KOLAKA POS

HUKUM & KRIMINAL

Ibu Hamil Nekat Tipu Puluhan Juta

Ibu hamil pelaku penipuan. Foto: dok.JPG/Pojokpitu

KOLAKA POS, SURABAYA–Kasus penipuan dengan membuka bisnis fiktif ini dilakukan Rina Dwi Artika (31). Perempuan yang kini hamil dua bulan itu ditangkap anggota Reskrim Polsek Bubutan, setelah menipu Endang Astutik (37) warga Jalan Sulung Gang 1 Surabaya. Polisi menyita barang bukti buku tabungan dan dua unit handphone.

Kapolsek Bubutan Kompol I Ketut Madia mengatakan, penipuan ini berawal dari perkenalan tersangka dengan korban. Ketika itu korban meminjam uang kepada tersangka sebesar Rp. 3,5 juta.

Setelah itu tersangka dan korban lebih sering bertemu hingga akhirnya tersangka menawari korban bisnis dengan keuntungan berlipat.

Tergiur dengan bisnis ini, korban lalu menyetorkan sejumlah uang kepada tersangka. “Total selama satu bulan, korban menyetor uang sebesar Rp. 80 juta,” ujar Madia.

Dia menambahkan, agar praktik penipuannya tak diketahui polisi, tersangka mengancam korban agar tak melapor ke orang lain. Bila memberitahu seseorang, tersangka mengancam korban bahwa suami atau anaknya akan mati.

Namun justru gara-gara ancaman inilah, praktik penipuan tersangka ini terbongkar. Merasa jiwa keluarganya terancam, korban akhirnya melapor ke kepolisian.

Kepada polisi, Rina membantah bila mengancam keluarga korban. “Tersangka juga mengaku uang Rp. 80 juta telah habis untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-harinya dan satu anaknya,” imbuh Madia.

Kini akibat perbuatannya, Rina terancam pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (mud/flo/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top