Cegah Pemilih Siluman, Polres Kolut Awasi Pendataan DPS – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Ragam

Cegah Pemilih Siluman, Polres Kolut Awasi Pendataan DPS

Net/Ilustrasi

KOLAKA POS, LASUSUA–Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) 2017 mendatang rawan disusupi pemilih siluman karena Kondisi desa-desa yang mayoritas berada di pengunungan dan sarana transportasi kurang memadai serta jangkauan keamanan yang sangat jauh. Untuk mengantisipasi adanya pemilih siluman, untuk itu jajaran Polisi Resort (Polres) Kolut mengerahkan Kamtibmas untuk memberikan pengawasan pada pendataan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Dari 15 Kecamatan dan 133 desa dan kelurahan yang ada di Kolut ini. Kecamatan Lasusua yang paling banyak wajib pilihnya selain itu ada beberapa desa yang berada di pengunungan sehingga dimungkinkan rawan masuknya pemilih siluman,” kata Kapolsek Lasusua, AKP. Hasanuddin, beberapa waktu lalu.

Menurut Hasanuddin, semua jajaran Polres Kolut telah diintruksikan untuk membantu pelaksana, pengawas, Pemda, aparat desa dan masyarakat untuk bersama mensukseskan Pilkada serempak yang akan digelar bulan februari tahun 2017 mendatang.

“Salah satu cara untuk mengantisipasi adanya pemilih siluman, yakni dengan melakukan pengecekan langsung pada warga yang terdaptar melalui Kamtibmas,” bebernya

Selain pemilih siluman, lanjut Hasanuddin pihaknya juga harus bisa memberikan jaminan keamanan yang pasti pada setiap warga yang akan memberikan hak suranya bebas dari intimidasi dan intervensi dari siapapun.

“Pemilu itu harus jujur dan adil, umum ,bebas, rahasia. Kita membuka diri bagi setiap warga yang memiliki informasi akan adanya pemilih siluman atau intimidasi dan intervensi jadi kamtibmas ini sangat berperan penting,” tegas Hasnuddin.

Dirinya menambahkan pihaknya akan melakukan segala upaya dini pencegahan terhadapa kemungkinan adanya pemilih siluman di wilayah Hukum Polsek Lasusua.

“Selain kami harus bisa memberikan rasa aman pada setiap masyarakat. Kami juga pastikan jajaran Polsek Lasusua akan nertal dan adil pada setiap warga masyarakata,” tutur Hasnuddin. (k2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top