Yeongwol dan Konut Siap Berkerjasama Disegala Sektor – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Yeongwol dan Konut Siap Berkerjasama Disegala Sektor

Walikota Yeongwol Korea Selatan Park Sun Kyu (kiri) menerima cenderamata dari bupati Konut Ruksamin.FOTO:Andi Jumawi/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Wanggudu–Kemarin (20/10), Konawe Utara kedatangan tamu istimewa. Adalah Walikota Yeongwol, Korea Selatan, Park Sun Kyu, yang berkunjung ke areal persawahan di desa Puuhialu,? kecamatan Ohe, Konut.
Walikota Yeongwol Park Sun Kyu dalam sambutannya, berharap agar ke dua daerah yang berbeda negara tersebut, bisa bekerjasama disegala sektor.
“Di daerah sini (Konut, red) banyak lahan yang berpotensi untuk pengembangan lahan persawahan. Jika dikelola dengan profesional, maka akan sangat memberikan kemajuan bagi daerah ini, begitu pula dengan adanya para pemimpin daerah ini. Bupati, Ketua DPRD dan semuanya bisa kerjasama maka daerah ini akan lebih baik. Kami berbangga dengan bapak Bupati Konawe Utara, Ruksamin, yang sebelumnya telah mengunjungi kami di Korea Selatan. Jika mau kerjasama dengan baik, maka kedua daerah (Konut-Yeongwol, red) akan menjadi daerah yang sama-sama berkembang nantinya. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih atas sambutannya, dan saya berdoa untuk semua masyarakat daerah ini untuk senantiasa sehat dan daerah ini semakin maju,” ujar Park Sun Kyu yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.
Menurutnya, Konut tak jauh beda dengan Yeongwol yang merupakan daerah pertanian.
Sementara itu, bupati Kolut Ruksamin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa luas wilayah Konawe Utara, yakni 500,339 hektar, terbagi 13 kecamatan dan 157 desa, dengan jumlah jiwa 58.401, rasio elektrifikasi 74,97, persanitasi 85 persen dan rumah tangga air bersih 87,92 persen.
Ruksamin menjelaskan, kedatangan walikota Yeongwol di Konawe Utara, atas kerjasama Pemkab Konawe Utara dan Universitas Lakidende. “Tentunya hal ini sangat memberikan arti buat kedua daerah, terutama dalam hal pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan perikanan kelautan. Namun, masih perlu pengelolaan yang lebih inovatif dan tepat guna, agar bisa menopang kemajuan ekonomi daerah,” katanya.
Selain kerjasama disektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan, kunjungan ini juga berkaitan dengan agro wisata yang ada di Konawe Utara, seperti Telaga Tiga Warna, Air Panas Wawolesea, Tanjung Taipa hingga Pulau Labengki.
Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut dilakukan juga penyerahan bibit unggul kepada 7 desa perwakilan secara simbolis. Dilanjutkan dengan peninjauan Telaga Tiga Warna yaitu Telaga Biru, Merah dan Putih, yang berada di desa Puhialu, kemudian ke taman wisata air panas Wawolesea dan Tanjung Taipa. (k7)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top