Tanamkan Nilai Budaya Melalui Film Inspiratif – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

Tanamkan Nilai Budaya Melalui Film Inspiratif

Direktur Sejarah Kemendikbud, Triana Wulandari saat foto bersama dengan siswa di Kolaka.FOTO:Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Menumbuhkan rasa kecintaan terhadap nilai sejarah dan budaya tak harus dilakukan melalui forum resmi seperti sekolah maupun seminar. Menonton film bersama-sama pun bisa dijadikan media dinilai dapat menumbuhkan r. Hal itu yang akan dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Direktur Sejarah Kemendikbud, Triana Wulandari mengatakan, kegiatan yang diprogramkan Kemendikbud dapat memberikan kesempatan peserta didik dan tenaga pendidik untuk menyaksikan tayangan film indonesia yang mengandung unsur pendidikan sejarah dan karakter.

“Dipilihnya film sebagai salah satu produk budaya dalam menanamkan nilai karakter, karena bisa menjadi media pendidikan bagi anak. Selain itu juga, saya rasa film mempunyai efek magic cukup kuat dalam mempengaruhi orang banyak dan bisa menjadi media pendekatan komunikatif yang sangat baik dalam dunia pendidikan,” ujarnya.

Menurutnya, pendidikan karakter bangsa bisa dilakukan melalui film mengenai perjuangan dalam mempertahankan idealisme dan keyakinan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia. “Melalui audio visual tersebut akan mudah menumbuh kembangkan nilai kebangsaan yang kian terkikis,” terangnya.

Ia berharap, melalui program ini dapat menciptakan hal positif melalui karakter yang diperankan dalam film inspiratif yang ditayangkan. “Kami harapkan melalui kegiatan ini, mampu membangun kesadaran dibidang pendidikan tentang pentingnya menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter bangsa,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top