Waspada! Pelaku Jambret Mengintai – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Waspada! Pelaku Jambret Mengintai

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Parepare–Masyarakat Parepare diminta waspada saat berkendara sendiri, khususnya para perempuan. Sasaran pelaku spesialis jambret ini adalah pengendara sepeda motor yang tidak waspada membawa barang berharga milik mereka. Misal, tas atau handphone. Biasanya pelaku jambret mengintai korbannya di jalan yang sepi dan gelap. Imbauan tersebut disampaikan salah seorang pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Parepare yang juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Parepare H Sawaty Lambe, kemarin.

Dia mengatakan, Parepare saat ini sudah rawan jambret atau begal karena pelaku saat beraksi tidak segan-segan melukai korbannya. Dia pun menyebutkan, jika seorang ibu nyaris menjadi korban jambret di sekitar Perumnas Wekkee beberapa hari lalu. Sawety menceritakan ibu tersebut sedang mengendarai sepeda motornya, tiba-tiba dari belakang datang pengendara mendekati ibu tersebut dan menarik tasnya yang diselempang di badan perempuan itu.

“Untungnya ada tukang ojek yang membantu ibu tersebut, sehingga pelaku jambret atau begal itu melarikan diri. Tas ibu tersebut selamat dan tidak dibawa kabur pelaku,” katanya.
Olehnya itu, ia mengimbau kepada pengendara sepeda motor untuk mengantisipasi kejadian seperti ini. “Makanya kita harus waspada saat naik motor sendiri, jangan sampai terjadi pada kita. Karena itu waspada terhadap pelaku jambret di Parepare,” katanya.

Sawaty juga mengharapkan agar petugas keamanan dalam hal ini kepolisian untuk melakukan patroli untuk mengantisipasi adanya tindak kriminal seperti itu, utamanya pelaku begal di Parepare. “Kita tau Parepare sudah aman, sehingga dimanfaatkan para pelaku jambret beraksi,” tandas Sawaty Lambe yang dosen Umpar ini. (parepos/fajar)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top