Puluhan Tenaga Kesehatan Ikut Pelatihan BPJS Kesehatan Konut – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Puluhan Tenaga Kesehatan Ikut Pelatihan BPJS Kesehatan Konut

KOLAKAPOS, Konut–Sebanyak 40 tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan menggikuti pertemuan pembangunan jejaring komunikasi antar fasilitas kesehatan se-kabupaten Konawe Utara, (Konut) yang digelar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ?(BPJS-Kes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Selasa (18/10).

Kepala BPJS-Kes Konut, Sulkifli mengatakan, pertemuan pembangunan jejaring komunikasi antar fasilitas kesehatan merupakan kegiatan rutin yang ada di BPJS-Kes. Tujuannya untuk monitoring dan evaluasi serta penilaian kapitasi berbasis kompetensi. “Tentunya dengan dilakukannya kegiatan ini, hal-hal yang berkaitan dengan masalah layanan BPJS-Kesehatan dapat terlaksana dengan baik. Untuk saat ini, kami memberikan pelatihan dan pengenalan aplikasi BPJS, agar petugas bisa langsung bisa melakukan input dalam hal pelayanan kesehatan,” terangnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini membahas terkait cara dan metode yang harus dilakukan dalam pelayanan kesehatan kepada warga, terutama dalam hal pendataan masyarakat untuk menjadi peserta JKN di BPJS – Kes Konut berupa pelatihan penggunaan aplikasi.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penyakit Dinkes Konut, Awaluddin mengatakan, kegiatan pada hari ini adalah pelatihan pengenalan aplikasi BPJS Kes. Manfaat aplikasi ini adalah memberikan kemudahan kepada petugas medis yang ada di daerah ini terutama yang ada di puskemas untuk langsung memasukkan atau menginput pasien peserta BPJS-Kes yang datang untuk langsung mendapatkan pelayanan di puskesmas.
Selain itu, program ini bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat daerah ini untuk mendapatkan pelayanan kesehatan baik itu BPJS, Askes dan lainnya. “Untuk warga tidak mampu itu Pemda yang tanggung dan yang mampu itu masuk kategori mandiri dan selain itu ada juga yang masuk dalam jaminan kesehatan dari swasta misalnya dari perusahaan tambang, perkebunan sawit dan lainnya yang ada di daerah ini sehingga semua masyarakat didaerah ini mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan,” tandasnya. (k7/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top