Pembangunan Sanimas Gencar di Kabupaten Pinrang – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Pembangunan Sanimas Gencar di Kabupaten Pinrang

Kepala Satker Pembangunan Sistem Penyehatan Lingkungan dan Permukiman (PSPLP) Kementrian PU Provinsi Sulsel saat meninjau pembangunan Ipal Sanimas.FOTO:Ilwan/Parepos.co.id

KOLAKAPOS, Pinrang–Kepala Satker Pembangunan Sistem Penyehatan Lingkungan dan Permukiman (PSPLP) Kementrian PU Provinsi Sulsel, Ir H Hasir Tjjenne, M Si gencar mensosialisasikan serta membangun Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) khsusunya di Kabupaten Pinrang.

Pria kelahiran Pinrang ini telah menghadirkan asset daerah di Kabupaten Pinrang. Aset itu seperti sarana dan prasarana penanganan sampah termasuk realiasai pembangunan Sanimas di enam desa yang dapat suntikan dana tahun 2016

Hasir Tjenne dalam kunjungannya didampingi sejumlah Tim Pendamping Lapangan (TPL) seusai menyambangi pembangunan Sanimas di Desa Mangki Kecamatan Cempa, selasa 18 Oktober 2016, memberikan apresiasi tingkat partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan membangunan desanya melalui dana program Sanimas.

“Dukungan masyarakat dalam pengolahan prasarana dan sarana bidang sanimas dituntut peran ikut dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Sanimas bukan hanya urusan pemerintah, swasta ataupun perorangan. Kepedulian adalah kunci utama karena sanitasi adalah urusan kita bersama,” ungkap Kepala Satker, Hasir Tjenne dihadapan puluhan pengguna dan pengurus KSM Ampibi Desa Mangki.

Lebih lanjut Hasir menjelaskan, dalam pembangunan fasilitas Sanimas, digunakan konsep pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi komunal, dengan tujuan agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan. (parepos/fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top