Dinsos Bantu Penyandang Disabilitas – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Dinsos Bantu Penyandang Disabilitas

KOLAKAPOS, Unaaha–Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten konawe baru-baru ini menyalurkan bantuan berupa alat bantu kesehatan dan bantuan usaha ekonomi produktif menengah (UEP) kepada penyandang disabilitas. Bantuan yang disalurkan Dinsos ini, diharapkan mampu membantu para disabilitas untuk melakukan kegiatan ringan.

Kepala Dinas Sosial Konawe, Muh. Ihksan Saranani mengungkapkan, bantuan alat bantu kesehatan yang disalurkan Dinsos melalui bagian seksi penyandang cacat tahun ini, sudah terealisasi sebanyak 15 disabilitas yang tersebar di beberapa kecamatan, bantuan ini juga didanai dari APBD Konawe.
“Tahun ini kita sudah salurkan bantuan alat bantu kesehatan kepada warga yang mengalami disabilitas, untuk jumlahnya itu ada sebanyak 15 orang penerima,” ungkap Ihksan.
Sementara itu, Kepala Seksi Penyandang Cacat Dinsos Konawe, Asriani membeberkan, selain alat bantu kesehatan Dinsos Konawe juga menyalurkan bantuan UEP kepada lima penyandang disabilitas. Namun, UEP ini diberikan kepada disabilitas yang sudah tidak bisa lagi beraktifitas secara maksimal.
“Alat bantu kesehatan itu berupa 10 kruk (tongkat, red), 5 kursi roda dan usaha ekonomi produktif menengah 5 paket. Bantuan ini diberikan kepada warga yang tersebar di kecamatan Wawotobi sebanyak 2 orang, Tongauna 1 orang, Wonggeduku 2 orang, mereka ini terima bantuan kursi roda. Bantuan UEP Wawotobi 2 orang, Tongauna Utara 1 orang, Lambuya 1 orang, Onembute 1 orang. Untuk disabilitas penerima kruk itu diberikan di kecamatan Lambuya 3 orang, Uepai 2 orang, Wawotobi 1 orang, Padangguni 1 orang, Unaha 1 orang, Tongauna 1 orang dan Tongauna Barat 1 orang,” rinci Asriani.
Asriani menambahkan, penyaluran bantuan tersebut sangat minim, karena dari data yang disimpan Dinsos penyandang disabilitas di Konawe yang tidak lagi dapat beraktifitas maksimal sekitar 170 orang. Namun, bantuan seperti ini akan diajukan lagi untuk tahun depan, agar penyandang disabilitas di Konawe bisa diakomodir semuanya.
“Kita akan ajukan lagi (bantuan, red) tahun depan, supaya bisa diakomodir semuanya. Tahun ini memang sedikit tersalur, karena anggarannya memang hanya sampai segitu,” katanya. (m4)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top