Palopo Bakal Pasang CCTV di 13 Titik – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Palopo Bakal Pasang CCTV di 13 Titik

Net/Ilustrasi

KOLAKAPOS, Palopo–Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan memasang 13 unit kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV) pada sejumlah titik strategis di Kota Palopo.

Pembangunan CCTV ini inklude dengan pembangunan menara telekomunikasi Micro Cell Pole (MCP) di 13 titik yang berbeda di Kota Palopo. Pembangunan tower MCP ini untuk mendukung program smart city yang merupakan kerjasama dengan Pemkot Bandung beberapa waktu lalu. Tower MCP yang akan dibangun tersebut terdiri dari tiga fungsi.

Yakni berfungsi sebagai penguat sinyal khususnya paket data pengguna handphone, selain itu juga dilengkapi dengan CCTV, serta dilengkapi dengan lampu LED Penerang Jalan Umum (PJU).

Hal ini diungkapkan Kepala Dishubkominfo Kota Palopo, Baso Akhmad melalui Kepala Seksi (Kasi) Kominfo Dishubkominfo Kota Palopo, Hasyim Basri didampingi Bidang Kominfo, Ilham Tahang sat ditemui di ruang kerjanya.
“Pastinya akan dimanfaatkan untuk menjadi salah satu acuan kebijakan pemkot terhadap kondisi sosial, keamanan dan kemacetan bisa lebih efektif dengan platform smart city,” katanya.

Menurut Hasyim, pendirian tower MCP ini merupakan bagian dari smart city. Dimana 13 titik itu yakni di Kelurahan Tamalebba, Kelurahan Salobulo tepatnya di depan Masjid Al-Ikhlas, di kawasan DR Ratulangi sekitar Pekuburan Lokkoe, di sekitar Masjid Agung Palopo, kawasan Patang depan SMPN 2 Palopo, di Kawasan Veteran depan warung Suka-suka, Kantor Wali Kota Palopo, Terminal Dangerakko, Jembatan Putih, Simpang Empat kawasan Malaja, Taman Yos Sudarso, kawasan Jln Mangga, dan kawasan Jl Opu Tosappaile sekitar Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Palopo.

”Pembangunan MCP di 13 titik ini mensupport pelayanan infrastruktur yang telah ada berbasis IT,” sebut Hasyim diamini Ilham kemarin.

Adapun anggaran untuk pembangunan MCP tersebut berkisar 55 Juta per satu tiang. Anggaran ini hanya pembangunan tiang saja belum termasuk perangkatnya. Jika dengan perangkatnya, bisa memakan anggaran sekitar Rp200 Juta satu tiang.

”Pembangunan MCP di 13 titik di Kota Palopo ini bisa menelan dana Rp200 Juta per tiangnya. Jika ditotalkan mencapai miliaran rupiah,” sebutnya.

Pembangunan MCP yang merupakan program smart city ini, sebutnya, akan dirampungkan akhir tahun 2016.

”Pembangunan MCP di 13 titik ini diupayakan rampung tahun ini, dan Desember 2016 sudah bisa berfungsi sebagaimana yang diinginkan,” tandasnya.(palopo pos/fajar)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top