LSM Diajak Berantas Narkoba – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

LSM Diajak Berantas Narkoba

BNN ajak LSM sosialisasi anti Narkoba dan program rehabilitasi bagi pecandu Narkoba.FOTO:Mirwanto/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kolaka, mengajak puluhan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berperan dalam mencegah dan memberantas penyalagunaan dan peredaran gelap narkotika dan obat-obatan berbahaya yang bisa merusak generasi muda. Ajakan itu disampaikan oleh Kepala BNN Kolaka, Eryan Noviandi dalam kegiatan Sosialisasi Program Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat.

Eryan mengatakan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Indonesia serta di DaerahKolaka yang sudah menjadi Zona merah Narkoba telah mencapai tahap yang mengkhawatirkan bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.
“Untuk menanggulangi bahaya tersebut, saya mengajak rekan-rekan lembaga swadaya masyarakat (LSM) mau dan peduli untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba,” katanya di hadapan para pengurus LSM se kabupaten Kolaka.
Dia juga mengatakan peran serta masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan lingkungan dengan mewujudkan lingkungan sosial yang sadar akan bahaya narkoba.
“Kita semua harus saling mengingatkan tentang bahaya narkoba ini, sekaligus juga kita bisa melakukan pengawasan di lingkungan masing masing, dengan begitu bisa mempersempit ruang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, apalagi di Kolaka ini sudah masuk zona merah” ujarnya.
Lanjutnya peredaran narkoba yang semakin “menggila” di samping berakibat sangat buruk bagi kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, pada akhirnya dapat pula menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban nasional.
Untuk itu, ia berharap agar LSM dapat membantu BNN menggalakkan sosialisasi Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, sehingga dapat meningkatkan eksistensi BNN bersama-sama kepolisian, serta meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba.
Selain itu Eryan juga mengatakan bahwa LSM dapat juga mengambil peran dalam program rehabilitasi bagi para pecandu yang menjadi Korban.
Sementara itu Ketua LSM LIDER, Herman mengatakan ajakan BNN tersebut tentu akan direspon oleh LSM, karena LSM hal tersebut demi kemasalahatan masyarakat banyak. “Tentu kami akan respon, LSM juga tidak akan tinggal diam, karena ini demi kemaslahatan masyarakat banyak, dan narkoba adalah musuh kita bersama,” papar Herman. (cr4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top