260 Rumah Terendam Banjir – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Ragam

260 Rumah Terendam Banjir

Satu Rumah Hanyut

KOLAKAPOS, Kolaka–Ratusan rumah di desa Huko-Huko Kecamatan Pomalaa Kabupaten Kolaka terendam dan rusak diterjang banjir yang tejadi Sabtu (8/10). Bahkan ada beberapa diantaranya rusak berat dan tidak bisa dihuni lagi karena terbawa oleh arus banjir. Dua diantaranya dilaporkan rusak parah dan rata dengan tanah.

“Dari laporan di lapangan setidaknya ada 262 rumah terendam di desa Huko-Huko, dan ada juga laporan di desa Totobo sebanyak 15 rumah, beberapa diantaranya rusak diterjang banjir, dua rusak parah dan sudah tidak layak huni,” ujar Kapolsek Pomalaa, AKP.Bahtiar Tayeb.

Saat ini petugas kepolisian juga masih melakukan koordinasi dengan pemerintah dan intansi terkait guna penanggulangan pasca bencana banjir tersebut.

Salah satu rumah yang rusak parah adalah milik Tamrin yang terletak di dusun I di pinggir sungai Huko-Huko. Rumah korban ini rata dengan tanah dibawa oleh arus banjir. Tak ada satupun yang tersisa karena tersapu oleh terjangan air saat banjir terjadi.

Tamrin menuturkan saat itu air tiba-tiba meluap dari sungai dan menghanyutkan rumahnya setelah hujan lebat selama 5 jam. Untungnya kata Tamrin dirinya dan keluarganya menyelamatkan diri saat banjir terjadi. “Pas selesai Hujan langsung naik air, setelah itu saya langsung ajak keluargaku tinggalkan rumah, dan ternyata tadi pagi saya datang lihat sudah dibawa air, “ tutur buruh pembuat batu merah itu.

Tamrin kini mengungsi di rumah temannya karena sudah tidak memilki rumah lagi, dirinya berharap pemerintah dapat membantu perbaikan rumahnya. “Ya bagiamanalah bantu kita kasian ini, karena sudah tidak ada rumah lagi,” ujar Tamrin.

Pasca banjir juga beberapa warga sudah ada yang kembali ke rumahnya masing-masing dan mulai membersihkan rumah mereka dari kotoran dan lumpur yang menggenangi. Beberapa rumah warga juga masih terlihat tergenang oleh air. Puluhan personil dari TNI dan Kepolisian turun membantu warga membersihkan rumah warga. Tim pemadam kebakaran dari PT. Antam juga menurunkan mobil pemadamnya untuk membantu warga malakukan pembersihan.

Untuk diketahui Hujan selama lima jam yang mengguyur nyaris seluruh Kolaka, membuat sungai Huko-huko meluap Sabtu akhir pekan. Akibatnya, terjangan air bah dari sungai tersebut menggenangi rumah warga hingga ketinggian 2 meter.

Selain rumah, air sungai juga meluap hingga ke jalan raya dan melumpuhkan jalur lalu lintas di desa tersebut. Salah seorang warga, Wahyudi mengatakan hujan Sabtu (8/10) itu terjadi sejak pukul 12 siang hingga sore. “Sekitar jam 5 sore tiba-tiba saja datang air dari belakang karena ada sungai di sana, kita kaget dan keluar ternyata air sudah sampai di jalan raya,” paparnya.

Kejadian itu juga membuat warga pun beramai-ramai meninggalkan rumahnya dan mengungsi ketempat aman dan rumah keluarga. “Kita lari mengungsi ke SD dan di rumah keluarga yang lokasinya aman,” ujarnya saat itu. (cr4/b)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top