Pembuatan KIA di Konawe Tembus Seribu Cetak – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Jazirah Sultra

Pembuatan KIA di Konawe Tembus Seribu Cetak

KOLAKAPOS, Unaaha–Pembuatan kartu identitas anak (KIA) di Konawe sudah menyentuh angka seribu. Menurut Kepala Dinas Catatan Sipil Konawe Rais, selain pengurusan administrasi di kantor catatan sipil, ada kegiatan lain di kantor Capil yang tidak dilaksanakan oleh Capil kabupaten lain, hal itu dikarenakan Konawe mendapat mandat perdana oleh Dirjen Capil, untuk penyelenggaraan pembuatan KIA.

“Konawe satu-satunya kabupaten di Sulawesi Tenggara, yang diberikan mandat melakukan pembuatan KIA oleh Dirjen Capil, sampai saat ini jumlah pembuat KIA sudah mencapai 1000 kartu,” paparnya.
Rais menambahkan, pembuatan KIA ini diberikan kepada anak yang berusia 0-17 tahun, namun ada perbedaan jika anak yang masih Balita yakni tidak memiliki foto sedangkan anak yang berusia 5 -17 tahun memiliki foto, untuk pembuatannya sendiri orang tua anak harus menyertakan akta kelahiran, kartu keluarga dan surat nikah.
“Kalau masih Balita 0-5 tahun KIA-nya tidak memiliki foto hanya saja ditandai dengan warna, jika merah artinya tahun kelahiran ganjil, biru artinya tahun kelahiran genap, sedangkan anak yang berusia 5-17 tahun itu sudah memiliki foto, syaratnya hampir sama dengan pembuatan e-KTP,” jelasnya.
Penyelenggaraan pembuatan KIA sudah berlangsung sejak Februari tahun ini.
“KIA ini akan menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah, bagi anak saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus pendidikan, perbankan, kesehatan dan masih banyak lagi, untuk pembuatannya pula gratis,” terangnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top