Kasus Perceraian Meningkat – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Kasus Perceraian Meningkat

KOLAKAPOS, Parepare–Tingkat perceraian di Kota Parepare, kini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal itu tidak terlepas akibat pernikahan dini. Pengadilan Agama (PA) mencatat kasus perceraian pasangan suami istri di Kota Parepare selama sembilan bulan tahun 2016 ini, sudah mencapai 493 perkara.

Sedangkan tahun 2014 dan 2015 masing-masing angka perceraian mencapai 412 dan 483 kasus. Hakim Pengadilan Agama Kota Parepare Mudihra yang dihubungi kemarin mengatakan, secara keseluruhan perkara perceraian terhitung dari Januari hingga September sudah mencapai 493 kasus.
“Khusus September ini, perkara perceraian yang masuk sebanyak 94 kasus,” jelasnya.
Dia menjelaskan, salah satu penyebab meningkatnya kasus perceraian dari tahun ke tahun akibat pernikahan dini.
“Tingkat perceraian diakibatkan pernikahan dini. Ada juga perkara meninggalkan istri sampai beberapa bulan, ada juga masalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan perselisihan antara rumah tangga,” ungkapnya.
Lebih lanjut Mudihra mengatakan, sebelum dilakukan persidangan, tentunya ke dua belah pihak diundang ke ruang mediasi untuk dicarikan solusi dalam rangka menekan angka perceraian.
“Iya ada beberapa yang setelah dinasehati. September ini, ada dua orang sudah mencabut perkaranya setelah dimediasi dan nasehati,” tandasnya. (fmc)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top