Jangan Salah Gunakan Bantuan Alat Pertanian – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Kolaka Timur

Jangan Salah Gunakan Bantuan Alat Pertanian

Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah saat melakukan uji coba Combine harvester yang merupakan bantuan yang diberikan kepada kelompok tani di Kecamatan Ladongi.FOTO:La Inga/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta–Bupati Kabupaten Kolaka Timur Tony Herbiansyah mengingatkan kepada para kelompok tani yang menerima bantuan alat pertanian untuk dapat digunakan dengan baik mungkin. Pasalnya, bila disalahgunakan bantuan tersebut akan ditarik.

“Bantuan ini jangan disalah gunakan. Bantuan yang diberikan secara gratis ini, kedepannya tidak boleh dimiliki perorang. Ini bantuan sifatnya perkelompok, kalau ada ketua kelompok menguasai sendiri, laporkan, saya akan cabut. Kita inginkan kerjasama kelompok yang baik, sehingga keharmonisan dapat dipelihara dengan baik,” jelasnya saat memberikan bantuan dua unit Combine Harvester serta puluhan hand traktor kepada para kelompok tani yang ada di kecamatan Ladongi.

Ia mengungkapkan, pada 2013 lalu petani di Koltim banyak mengalami kesulitan terkait alat-alat pertanian. Saat itu petani ingin menyewa saja tdak ada apalagi mau diberikan secara gratis seperti saat ini. Tapi saat ini, sudah diberikan secara gratis karena komitmen pemerintah.
“Sekarang tinggal petaninya yang berbuat, pemerintah sudah berbuat baik pada petani. Jadi, saya harap kepada penerima bantuan agar alat yang diberikan tidak dikomersialkan. Betul kalau kita komersilkan akan dapat duit, tapi alatnya bisa cepat rusak. Makanya dipakailah untuk Koltim dan nantinya setiap kelompok dapat menyisihkan untuk perwatannya kepada ketua kelompok, dan di kelola secara terbukan, tidak boleh ada sembunyi-sembunyi,” tuturnya.

Ia menambahkan, bantuan ini merupakan salah satu visi dan misi Pemkab selama ini. “Ini sesuai dengan visi dan misi kita selama ini. Kalau sudah pemerintah pusat, bukan berarti pemerintah daerah tidak. Kita ini adalah satu kesatuan utuh NKRI segala tingkatan,” tandasnya. (ing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top