Tiga Kecamatan Rendah Serapan PBB – KOLAKA POS

KOLAKA POS

SULSELBAR

Tiga Kecamatan Rendah Serapan PBB

KOLAKAPOS, Makassar–Sedikitnya tiga kecamatan di Kota Makassar yang masih belum maksimal memperoleh pendapatan dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB).

Bahkan memasuki Oktober ini, serapan anggaran yang bersumber dari PBB realisasinya masih dibawah 90 persen. tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Makassar, Kecamatan Tamalate, dan Kecamatan Ujung Tanah.
Anggota Komisi B DPRD Makassar, Farma Wahyuddin mengungkapkan, belajar dari pengalaman sebelumnya, pajak PBB biasanya baru terpungut di setiap kecamatan pada akhir tahun.
“Kalau PBB biasanya baru keliatan di akhir tahun, karena masyarakat kadang baru menyetor pajaknya disisa waktu yang ada. Untuk tiga kecamatan yang belum capai realisasi kita tunggu sampai Desember dulu jika belum capai baru kita minta klarifikasinya,” ujar Fatma.
Fatma menambahkan, meskipun saat ini realisasi pajak di tiga kecamatan belum 100 persen terpenuhi, namun ia optimis target bisa tercapai di akhir tahun. Olehnya itu, pihak kecamatan harus terus mengandus masyarakat yang ada di wilayah mereka untuk membayar PBB mereka sebelum masuk tahun baru.
“Pihak kecamatan harus terus mensosialisasikan pentingnya membayar PBB kepada warganya. terutama bagi kecamatan yang ditumbuhi hotel,” ucapnya.
Pasalnya menurut Fatma, kesadaran warga untuk membayar pajak yang masih kurang. Bahkan pengusaha kelas kakap sekalipun tercatat masih menunggak pajak hingga setahun atau bahkan bertahun-tahun.
“Ambil contoh bangunan hotel Swiss beliin. dimana pajak PBB nya tidak pernah dibayar selama hotel tersebut dibangun pada tahun 2012. Camat yang harus bertindak tegas dibantu Dinas Pendapatan Daerah juga,” katanya.
Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Makassar, Irwan Adnan saat dikonfirmasi mengungkapkan serapan pajak PBB hingga masuk Oktober cukup memuaskan, namun masih ada tiga kecamatan yang memang belum mencapai 100 persen.
” Kita optimis akhir tahun, serapan anggaran PBB di tiga kecamatan tersebut bisa tercapai. Sekarang saja 90 persen dari target PBB sudah terpenuhi, kalau target PBB bisa diraih tentu tahun depan kita juga semakin berani memasang target yang lebih besar,” ungkapnya.
Adnan menyebutkan target PBB tahun ini sebesar Rp144 miliar, 90 persen sudah dikantongi pemkot Makassar. Ia optimis bisa meraih target pendapatan di sektor PBB hingga akhir tahun nantinya. (fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top