Belum Ada Penantang Umar Samiun – KOLAKA POS

KOLAKA POS

BERITA UTAMA

Belum Ada Penantang Umar Samiun

Iwan Rompo : Jika tak Ada, Pasangan Umar-La Bakri CalonTunggal

Kendari, KoP–Hingga jam satu siang jelang penutupan perpanjangan pendaftaran calon Kepala Daerah (Kada) Kabubaten Buton oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menunjukan satu paslon yang datang mendaftar melawan Umar Samiun dan La Bakri sebagai Paslon tunggal yang mendaftar saat pendaftaran tahap pertama.

Hal tersebut disampaikan salah seorang komisioner KPU Sultra Iwan Rompo, menurutnya sebelumnya telah ada penyampaian dari pihak KPU Buton bahwa pada hari terakhir pendaftaran akan ada calon yang mendaftar.

“Hari ini akan ada yang mendaftar tetapi sampai sekarang sudah jam satu siang, saya belum menerima informasi dari KPU Kabupaten Buton. Apakah jadi atau tidak,” katanya saat ditemui Kolaka Pos. Kamis (29/9).

Menurutnya KPU Buton akan menutup perpanjangan pendaftaran pada Kamis (29/9) tepat pukul 24.00. Dan kalaupun hingga pendaftara ditutup belum ada paslon yang mendaftar maka kemungkinan besar Pasangan Umar Samiun-La Bakri akan maju sebagai calon tunggal.

“Kalau tidak ada yang mendaftar yah kita tinggal lihat hasil seleksi berkas dan tes kesehatan paslon Umar Samiun-La Bakri. Kalau mereka lolos maka mereka akan maju sebagai calon tunggal, tapi kalau tidak lolos kita akan meminta kepada partai pengusung untuk mengajukan penggantinya,” terangnya.

Kalaupun ada yang mendaftar maka paslon yang mendaftar tersebut akan diberikan waktu mengikuti tes kesehatan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

” Jadi dia (kalau adayang mendaftar- red) nanti tes kesehatan yaitu tanggal 27 September sampai tanggal 1 Oktober,” ujarnya.
Ditambahkannya kalaupun hanya pencalonan tunggal maka proses pemungutan suara akan berbeda, di mana nantinya yang tercantum dikertas suara itu pemilih dipersilahkan mencoblos setuju dan tidak setuju. Hal tersebut sesuai dengan PKPU nomor 14 tahun 2015.

“Jadi foto Pasangan calon di atas di bawahnya ada kolom setuju dan tidak setuju dinyatakan menang ketika suara sah 50% + 1 itu sudah dinyatakan menang,” tandasnya (k1/b/hen)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top