24 Kelompok Terima Bantuan Pemda – KOLAKA POS

KOLAKA POS

Metro Kolaka

24 Kelompok Terima Bantuan Pemda

Pos Suasana penyerahan bantuan.FOTO:Dadang/Kolaka

Kolaka, KoP–Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka kembali menyerahkan bantuan kepada warga di empat kecamatan. Sebanyak 24 kelompok masyarakat di Kolaka menerima bantuan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Bupati Kolaka, Ahmad Safei mengatakan, bantuan yang diberikan ini bisa digunakan untuk meningkatkan ekonomi warga. “Saya kira banyak bantuan yang telah kita salurkan di Kolaka, dan harapan kami dari bantuan ini bisa berkembang dan bisa meningkatkan ekonomi di masyarakat, ” ungkapnya saat menyerahkan bantuan kemarin.
Ia mengatakan, setelah bantuan ini diberikan, akan ada tim yang akan memeriksanya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bantuan dari Pemda ini dijual. “Sudah banyak kasus di Kolaka setelah menerima bantuan, dalam beberapa bulan sudahtidak ada, entah di jual atau dibagi perorang. Padahal tujuan pemberian bantuan itu agar masyarakat bisa terbantu, yang mempunyai ketrampilan akan di berika alat, dan alat tersebut di harapkan bisa menjadi sesuatu yang meningkatkan ekonomi, “paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kolaka H. Andi Sastra Pangerang melalui kepala bidang penempatan dan Perluasan Kerja Laode Rahmat mengatakan, untuk tahun 2016 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kolaka sudah mendistribusikan beberapa bantuan alat.

“Untuk kualitas tenaga kerja ada bantuan kelompok warung sembako dua kelompok, mesin jahit tujuh kelompok, perbengkelan enam kelompok, Peternakan dua kelompok, Warung makan satu kelompok, pencucian kendaraan tiga kelompok, da servis AC dan Kulkas satu kelompok. Semua itu tersebar di lima kecamatan Toari, Watubangga, Tanggetada, Latambaga, dan Kolaka, “ujarnya
Selain memberikan bantuan kepada masyarakat untuk peningkatan kwalitas tenaga kerja, ada juga bantuan padat karya produktif, bantuan ini di kerjakan oleh masyarakat secara padat karya.

” Ada pembangunan penyulingan minyak nilam dua unit, dan pembuata kolam air tawar dengan luas 40×150 meter serta bibit 18 ribu bibit ikan, kami juga membuat jalan di kecanatan Watubangga 1000 meter dengan lebar lebar empat meter dan di Kecanatan Toari dengan panjang 1500 meter,”tambahnya

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas Nakertarns Kolaka menyerap tenaga kerja 474 orang yang terdiri dari padat karya infrastruktur yaitu pembuata jalan 176 orang, padat karya produktif pembuatan kolam dan penyulingan minyak nilam 198 orang dan peningkatan kwalitas tenaga kerja mandiri 100 orang.

“semua bantuan yang disalurkan telah berkoordinasi dengan SKPD lain, misalkan bantuan kolam ikan dan bibit ikan Nakertrans telah kordinasi dengan dinas kelautan dan perikanan serta penyulingan nilam telah berkoordinasi degan PPL—BP4K Kolaka, mandiri dan tujuan kordinasi agar nantinya setalah kelompok di berikan bantuan dinas terkait bisa melakukan pembinaan atau pemantauan, ” tandasnya. (hud)



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The Latest

To Top